Cara Merawat HP Android agar Awet dan Tahan lama

    Semakin lama dunia semakin berkembang dan maju dalam segala hal; termasuk dalam bidang teknologi. Hampir semua orang bahkan yang sudah tua sekalipun menggunakan HP berbasis Android, sehingga yang namanya HP Android seakan-akan sudah menjadi kebutuhan utama yang tidak bisa dipisahkan sepertihalnya makanan.

    Berbagai macam produk Android dengan berbagai macam harga, merek dan spesifikasi sudah mulai bertebaran dimana-mana. Dan banyak sekali kegunaannya, ada yang menggunakannya untuk menggali informasi, berita, sebagai sarana komunikasi, sarana edukasi dan ada juga yang memanfaatkannya sebagai ladang penghasilan.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama yang namanya teknologi sudah pasti ada masa waktunya dan jika sudah mencapai batas waktunya
Hp yang sudah usang

    Seperti yang sudah kita ketahui bersama yang namanya teknologi sudah pasti ada masa waktunya dan jika sudah mencapai batas waktunya, maka rusaklah teknologi tersebut; entah itu berbentuk HP, Tablet, Komputer, Laptop dan lain-lain.

    Tapi, tentunya tidak mungkin setiap tahunnya ktia mengeluarkan banyak uang hanya untuk gonta-ganti HP dari merk satu ke merk yang lainnya. Tentunya hal tersebut menyia-nyiakan harta, apalagi sekarang kita sedang memasuki zamannya Covid yang mana mau tidak mau kita harus berpikir lebih jeli dalam mengelola keuangan dan dipaksa untuk berhemat.

    Dan kebetulan sekali, di sini saya akan berbagi pengetahuan seputar Bagaimana cara merawat HP Android agar awet dan tahan lama.

1. Jangan terlalu banyak memasang aplikasi

    Pasalnya, aplikasi yang terlalu banyak akan memberatkan sistem Android untuk melakukan tugas-tugasnya. Sehubungan dengan hal itu, kalian hanya perlu memasang aplikasi yang sering digunakan saja dan sangat dianjurkan untuk menghapus aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.

2. Hindari penggunaan background cerah

    Penggunaan background cerah; lebih lebih background bergerak dapat menguras lebih banyak daya. Dan pada akhirnya sistem HP akan down dan baterai akan cepat habis. 

    Nah, jadi kalian bisa gunakan background dengan warna agak gelap [lebih bagus lagi jika hitam polos dan tidak bergerak]. Keuntungannya adalah HP akan terasa lebih cepat dan daya baterai semakin awet.

3. Matikan GPS, Bluetooth dan fitur lainnya jika tidak diperlukan

    Samahalnya dengan poin sebelumnya, mengaktifkan fitur-fitur seperti bluetooth, GPS dan semacamnya padahal tidak diperlukan dapat menghambat sistem pengoperasian HP.

    Bahkan, yang menurut saya mengerikan adalah jika kalian selalu mengaktifkan fitur GPS setiap saat. Lokasi kalian sudah pasti akan bisa terlacak dimanapun kalian berada, dan dikhawatirkan ada orang-orang yang bermaksud tidak baik terhadap kalian. Jadi, alangkah baiknya kalian matikan fitur-fitur tersebut jika memang tidak terlalu diperlukan. 

4. Rutin hapus sampah HP

    Sampah atau Cache HP adalah salah satu faktor penyebab HP cepat rusak. Bisa berbentuk sampah chat di WA, Telegram atau sampah bekas aplikasi yang sudah kalian jalankan.

    Jadi, saya sarankan kalian buat jadwal bebas untuk menghapus Cache HP dan kalian bisa atur jadwalnya semampu kalian, bisa seminggu sekali, sebulan sekali atau 2 bulan sekali; tidak harus sering tapi intinya harus RUTIN.

5. Rutin dimatikan / Restart setiap harinya

    Tujuan dari poin ini adalah untuk merefresh / menyegarkan HP agar sistemnya kembali ke kondisi awal saat masih segar-segarnya.

    Aturlah jadwal Reboot otomatis / manual setiap jam 1 atau 2 malam dan nantinya di pagi hari kondisi HP akan terasa lebih maksimal lagi. Begitulah yang biasanya saya lakukan agar HP tahan lama.

6. Hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang

    Salah satu cara mempertahankan keawetan HP adalah dengan cara menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang bila sudah tidak diperlukan.

    Karena aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memakan memori dan jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang pada akhirnya HP akan menjadi lemot dan ujung-ujungnya rusak.

7. Rutin lakukan Update aplikasi

    Yang terakhir adalah rutin mengupdate aplikasi. Update terbaru dari pihak developer tentunya sangat berguna. Biasanya dalam rilisan update terbaru pihak Developer menambahkan fitur baru atau hanya sekedar memperbaiki bug dan masalah lainnya.

    Jadi, kalian harus sering-sering pantau di Playstore rilisan update terbaru aplikasi di HP kalian. Bisa kalian atur update otomatis dan bisa juga update manual. Namun, untuk update otomatis jangan lupa kalian atur 'hanya untuk WIFI' biar kuota internet tidak jebol akhirnya.

    Begitulah, beberapa tips dan cara merawat HP Android agar awet dan tahan lama. Yang perlu diingat adalah ketahanan HP bukan dilihat dari Merk ataupun Spesifikasinya, tapi dilihat dari penggunaannyaArtinya, kalau kalian mempunyai HP dengan merk ternama dan harganya mahal, tapi tidak kalian operasikan dengan selayaknya; sudah jelas HP tersebut tidak akan awet dan cepat rusak nantinya.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Cara Merawat HP Android agar Awet dan Tahan lama"

  1. Sharing yang bagus buat pembaca, Mas Hilman.
    Kalau boleh ijinkan saya tambahkan:
    > Jangan sering kehabisan daya battery sampai HP mati sendiri.
    > Gunakan carger + kabel asli bawaan HP. Jika rusak, beli yang original.

    ReplyDelete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)