Cara Packing Barang Dengan Kardus Bekas

    Ketika kalian menggeluti usaha jual beli online, sudah tentu barang yang akan dikirim tersebut harus dikemas dengan rapi dulu baru kemudian diserahkan kepada pihak kurir. Begitu juga dengan saya yang saat ini juga sedang berusaha memperoleh penghasilan dari jual beli online; walaupun sifatnya hanya sampingan.

    Untuk media Packing sebenarnya tergantung selera masing masing seller; ada yang dengan plastik, Bubble Wrap, kardus dan bahkan ada yang menggunakan box kayu untuk barang berat. Jadi, media Packing bersifat kondisional, kalau barangnya ringan dan elastis kalian cukup bungkus dengan plastik atau bubble Wrap saja; itu sudah ok, jika barangnya lumayan berat disarankan memakai kardus dan untuk barang berat lebih amannya lagi menggunakan box kayu.

    Media Packing paling sering dimanfaatkan oleh mayoritas Seller adalah kardus, ada yang memakai kardus baru ada juga yang menggunakan kardus bekas. Bagi Seller besar yang pendapatannya diatas rata-rata beli kardus baru adalah yang kecil, tapi tidak bagi Seller kecil yang penghasilannya tidak seberapa adalah hal yang lumayan memboroskan.

    Oleh karena itu, hal ini perlu diakali dan caranya adalah dengan Kardus yang sudah pernah digunakan / kardus bekas. Keuntungan pemanfaatan kardus bekas untuk Packing :

1. Harga sangat terjangkau

2. Mudah ditemukan

3. Tidak menambah pengeluaran

Tahapan

Langkah Pertama

    Siapkan Kardus secukupnya sebagai media Packing dan siapkan juga barang yang akan dipacking. Disini saya contohkan Hand Sanitizer.

Siapkan Kardus secukupnya sebagai media Packing dan siapkan juga barang yang akan dipacking. Disini saya contohkan Hand Sanitizer.

Siapkan Kardus secukupnya sebagai media Packing dan siapkan juga barang yang akan dipacking. Disini saya contohkan Hand Sanitizer.

    Jadi, sebagai contoh saja nanti kita sesuaikan dengan ukuran Hand Sanitizer diatas.

Baca juga : Cara membuat Kertas Nama Sederhana untuk Packing

Langkah Kedua

    Lalu, di kardus yang sudah kalian siapkan tadi, gambarlah struktur pola seperti dibawah ini pada kardus yang akan dipakai.

Lalu, di kardus yang sudah kalian siapkan tadi, gambarlah struktur pola seperti dibawah ini pada kardus yang akan dipakai.

    Yang perlu diperhatikan, tambahkan sedikit ruang agar tidak terlalu ngepress. Jadi, kalian tambahkan 'setengah cm' pada tiap ukurannya.

Tinggi Hand Sanitizer = 14 cm

Lebar Hand Sanitizer = 5 cm

Pinggiran Hand Sanitizer = 2,5 cm

    Maka jika sudah ditambahkan 'setengah cm' pada tiap ukuran menjadi;

Tinggi Hand Sanitizer = 14, 5 cm

Lebarnya = 5, 5 cm

Pinggirannya = 3 cm

    Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dan sebagai pelatihan dulu, sesuaikan saja dulu ukurannya seperti yang sudah saya contohkan diatas.

Langkah Ketiga

    Setelah kalian gambar struktur pola tadi, sekarang kalian potong pada garis yang berwarna biru SAJA. Saya sarankan kalian gunakan silet atau pisau yang tajam. Jangan gunakan gunting karena biasanya hasilnya tidak rapi seperti silet. Mau menggunakan gunting pun tidak masalah sebenarnya.

Langkah keempat

    Kemudian, kalian tekuk pada garis yang berwarna merah SAJA. Agar mudah ditekuk kalian bisa iris sedikit sepanjang garis merah, tapi jangan sampai tembus atau terpotong; hanya MENGIRIS dan lalu kalian tekuk semua garis yang berwarna merah.

Langkah kelima

    Masukkan bagian bagian yang sudah ditekuk tadi ke arah dalam kardus; bukan kearah luar kardus.

Lagkah keenam

    Lakban bagian bagian yang dirasa mudah lepas. Pada langkah ini sebenarnya sudah selesai, tapi kardus masih kurang terlihat rapi. Oleh karena itu langkah selanjutnya adalah kalian lakban seluruh kardus tadi dengan lakban kuning / coklat.

Langkah ketujuh

    Tempelkan kertas berisi nama, alamat, No. HP dan kode booking [jika diperlukan] dengan lakban bening pada kardus yang sudah dilakban kuning / coklat tadi. Agar tulisan pada kertas tidak pudar seluruh kertas harus tertutup oleh lakban bening dan pastikan tidak ada celah masuknya air.

    Begitulah langkah demi langkah Packing barang menggunakan kardus bekas, seperti yang sudah saya paparkan tadi; keuntungan dari penggunaan kardus bekas ini selain irit biaya dan mudah ditemukan adalah tidak mencemari lingkungan. Daripada kardus bekas dibuang-buang, akan lebih baik jika kita pakai saja untuk Packing barang.

    Ini hanya sebagai pelatihan saja, jika sudah paham dengan langkah langkah diatas, kalian bisa coba Packing barang barang lain yang ukurannya berbeda; seperti botol minuman, box makanan atau barang yang lain.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Cara Packing Barang Dengan Kardus Bekas"