Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan dan Usaha

    Terminalia Catappa atau di Indonesia terkenal dengan nama pohon ketapang kerap kali kita temukan di pinggir jalan, hutan, sekitar rawa dan tempat lainnya, pohon ini bisa bertumbuh besar dengan banyak daun berwarna hijau, kuning dan agak kemerahan yang rindang di ranting-rantingnya. Pohon ini juga tidak jarang juga menjatuhkan banyak sekali dedaunan berwarna coklat tua dan berstekstur rapuh.

    Apa yang kalian lakukan ketika melihat banyaknya dedaunan yang berserakan di bawah pohon tersebut? Apakah langsung disapu, dikumpulkan, dibuang ke sampah lalu dibakar? Saya rasa itu adalah suatu tindakan yang kurang tepat, karena perlu kalian ketahui; dibalik daun-daunan tua yang terlihat seperti sampah yang tidak ada harganya ini, terdapat keuntungan yang bisa kita peroleh jika kita manfaatkan.

    Para peternak ikan; khususnya ikan cupang pasti sudah mengetahui khasiat dari daun ketapang ini; diantaranya :

1. Menurunkan PH Air

2. Sebagai Sarang Bertelur Ikan

3. Sebagai Anti-Jamur dan Anti-Bakteri

4. Mencegah Stres Pada Ikan

5. Mencerahkan Warna Ikan

    Bahkan, dari manfaat-manfaat yang sudah disebutkan tadi kita bisa jadikan ini sebagai ladang penghasilan kemudian kita jual; baik secara online ataupun offline. Daripada dibuang sia-sia dan dibakar yang pada akhirnya akan menimbulkan polusi udara, lebih baik daun-daunan yang berserakan tadi kita ambil, kita kumpulkan dan selanjutnya kita olah.

    Seperti itulah yang biasa saya lakukan di rumah dahulu, karena kebetulan tidak jauh di sebelah rumah saya ada pohon ketapang besar dan tepat dibawahnya banyak sekali daun tua yang berserakan. Melihat banyaknya daun yang berserakan tadi saya berpikir untuk langsung dibuang saja karena tidak enak dilihat, tapi setelah menemukan manfaat tersembunyi dari daun ini akhirnya saya urungkan niat untuk membuangnya, saya kumpulkan daun tersebut sebanyak-banyaknya dan kemudian saya olah untuk diberikan ke ikan cupang atau bisa juga kalian jual untuk menambah pundi-pundi uang.

    Nah, bagi teman-teman yang sedang memelihara atau beternak ikan Cupang tapi tidak menemukan pohon ketapang di sekitar rumah bisa kalian beli daun ketapang yang sudah dibersihkan dan sudah steril dengan harga yang sangat terjangkau murah di Tokopedia atau Shopee Itulah beberapa kata yang bisa saya sampaikan pada artikel yang singkat ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan dan Usaha"