Apa itu Polyglot? Pengertian, Manfaat serta Tipsnya

Pengertian Polyglot

    Mungkin diantara para pembaca sekalian ada yang pernah melihat seseorang memiliki kemampuan bisa berkomunikasi dengan beberapa bahasa, kadangkala kita yang merasa pecinta bahasa dibuat kagum dengan orang-orang yang berbakat demikian; sepertihalnya Youtuber ternama Fiki Naki yang baru-baru ini viral diperbincangkan warganet di media sosial.

    Ternyata orang-orang ini memiliki penyebutan tersendiri yang disebut Polyglot. Penamaan Polyglot ini pada mulanya dipakai pertama kali pada tahun 1645, yaitu orang-orang yang menguasai 3 - 4 bahasa asing dan disebut Hyperpolyglot jika menguasai lebih dari 6 bahasa asing


    Selain Fiki Naki yang telah disebutkan diatas contoh Polyglot yang ada di Indonesia sendiri adalah kakak kandung dari RA. Kartini bernama Raden Mas Panji (RMP) Sosrokartono dengan kemampuannya menguasai 24 bahasa asing dan 19 bahasa daerah dan Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno atau yang biasa kita kenal sebagai Bung Karno dengan kemampuannya menguasai 10 bahasa.

Manfaat Menjadi Polyglot

    Dilansir dari hellosehat.com, terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika seseorang memiliki kemampuan ini diantaranya :

1. Memperluas Relasi

    Namanya juga belajar mengenal bahasa asing yang sama artinya mengenal budaya asing yang berada di luar Indonesia. Dengan belajar membaca, mendengar dan menulis bahasa asing kita bisa mendapatkan teman baru dari luar negeri sesuai dengan bahasa yang kalian pelajari; baik secara langsung atau melalui media sosial.

2. Mempertajam Pikiran

    Karena ini termasuk proses belajar maka dengan berusaha mengenal bahasa asing sama saja kita melatih otak untuk memahami dan menghafal kosakata baru dan susunan tata bahasa dari bahasa-bahasa yang bermacam-macam.

    Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para peneliti menemukan sebuah fakta bahwa struktur badan otak dari orang-orang dengan kemampuan ini lebih tebal dan terdapat bagian berukuran besar yang mereka sebut dengan 'Materi abu-abu' yang didalamnya terdapat banyak sekali saraf dan berfungsi sebagai pengolah informasi, gerak tubuh, ingatan serta emosi manusia.

3. Meningkatkan Peluang Mendapatkan Prospek Kerja

    Di zaman sekarang orang-orang dengan kemampuan ini masih terbilang langka dan jarang ditemui dan tentunya sesuatu yang 'langka' banyak dicari oleh orang, lembaga ataupun perusahaan agar bisa direkrut menjadi penerjemah; baik sebagai penerjemah tertulis (Translator) atau penerjemah lisan (Interpreter). Oleh karena itu merupakan sebuah keistimewaan bagi sesiapa saja dengan kemampuan Polyglot ini

Tips Menjadi Polyglot

    Yang menarik untuk diketahui adalah nyatanya kemampuan ini bukanlah bawaan lahiriyah ataupun takdir untuk orang-orang tertentu saja, skill ini bisa didapatkan oleh siapa saja tanpa pandang bulu; namun dengan niat dan tekad yang kuat tentunya. Ada beberapa tips yang bisa penulis share pada kalian untuk bisa menjadi Polyglot :

1. Memperkaya Kosakata

    Untuk bisa mengerti bahasa asing yang tidak lumrah didengar kalian harus menambah perbendaharaan kosakata; seperti kata benda, kata kerja, kata sambung dan lain-lain. Untuk melakukannya kalian tentu butuh kamus dengan berbagai macam jenisnya yang bisa dibeli di toko buku atau secara online.

    Nah, berbicara tentang kamus disini penulis ingin merekomendasikan sebuah kamus bernama Kamus Polyglotis yang admin susun sendiri untuk kalian para pecinta bahasa yang ada keinginan untuk belajar bahasa asing. Kamus ini masih tergolong baru sehingga masih banyak kekurangan, tapi akan selalu di update kedepannya karena kamus ini disusun dalam bentuk E-book. Selengkapnya terkait kamus ini silakan hubungi kontak admin.

2. Pelajari Susunan Tata Bahasa Asing

    Setiap bahasa memiliki standar tata bahasa masing-masing sesuai kaidah negara asal sehingga mau tidak mau kita harus ikut aturan kaidah dari negara tersebut. Untuk mempelajari tata bahasa bisa kalian coba beli buku-buku atau langsung belajar dari Youtube secara otodidak jika bukunya dirasa sulit dicari di daerah kalian.

3. Perbanyak Literasi Bahasa Asing

    Masih berhubungan dengan poin sebelumnya tips yang berikutnya adalah memperbanyak literasi bahasa asing. Yang dimaksud 'Literasi' disini adalah sering-sering mengasah keterampilan membaca, mendengar dan menulis bahasa asing seperti saat kita diajari membaca, menulis dan mendengar saat masih TK dan SD. 

    Untuk melatih keterampilan membaca dan menulis media yang kalian butuhkan adalah buku berbahasa asing, sementara untuk keterampilan mendengar kalian bisa manfaatkan media berbentuk audio; bisa dengan mendengarkan podcast atau video berbahasa asing yang lalu ditulis di buku tulis.

4. Praktek

    Tips terakhir yang kudu kalian terapkan adalah mempraktekkan apa yang sudah dipelajari dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari, anggap saja dengan praktek ini kita merekam materi-materi yang sudah ditelaah dan disimpan ke dalam otak agar tidak hilang.

    Tujuan dari praktek ini adalah agar materi yang sudah dipelajari menempel kuat didalam ingatan dan tidak mudah lupa. Praktek ini bisa kalian lakukan dengan cara mengajar pada orang di sekitar; rumah, sekolah ataupun lingkungan umum atau bisa dengan menulis artikel berbahasa asing.

    Oke temen-temen admin cukupkan sampai disini tulisan pada kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Sekian dan Terima Kasih 🌟

Post a Comment for "Apa itu Polyglot? Pengertian, Manfaat serta Tipsnya"