Cara Membuat Bisnis di Google Business dengan Mudah bagi Para Pebisnis

    Dalam mengembangkan bisnis atau usaha sepintar-pintar mungkin kita harus memanfaatkan berbagai hal; baik berupa fitur, fasilitas, aplikasi dan masih banyak lagi. Google Business merupakan salah satu produk platform dari google yang biasa dimanfaatkan oleh banyak para pebisnis di zaman modern yang serba canggih ini untuk mendongkrak penghasilan mereka.

Untuk tutorialnya silahkan simak langkah demi langkah ini :

1. Buka Google Bisnisku melalui browser. (Tutorial melalui Android akan dibahas di artikel selanjutnya)

2. Tampilan awal akan seperti gambar dibawah ini. Jika sebelumnya kalian sudah pernah menambahkan bisnis, dibagian bawah akan muncul bisnis-bisnis yang sudah ditambahkan sebelumnya.

Untuk menambahkan bisnis silahkan klik menu 'Tambahkan Binsis' yang berwarna biru lalu klik lagi dibawahnya 'Tambahkan Satu Bisnis'.


3. Untuk menambahkan silahkan cantumkan nama usaha yang kalian rintis serta kategori bisnisnya. Disini saya contohkan dengan jasa ketik dengan nama 'Jasaku'.


4. Selanjutnya kalian diminta untuk memasukkan informasi tokoh fisik yang bisa dikunjungi, silahkan pilih 'Ya' jika memang ada atau pilih 'Tidak' jika memang tidak memiliki toko fisik.


5. Step berikutnya ini bersifat opsional; bisa kalian isi atau tidak. Disini google meminta untuk mengisi cakupan wilayah pelayanan bisnis kalian, bisa kalian ini satu wilayah atau lebih.


6. Masukkan salah satu dari nomor telepon aktif kalian atau kalian isikan situs web yang bisa diakses saja. Dilengkapi dua-duanya tentu lebih baik bagi bisnis kalian.




7. (Verifikasi) Kemudian google akan meminta untuk melengkapi alamat tempat usaha kalian. Untuk usaha yang tidak memiliki toko fisik silahkan isikan dengan alamat rumah. 


8. (Verifikasi) Silahkan lanjutkan dengan menambahkan jadwal jam buka kerja dan tutup kerja.



9. (Verifikasi) Aktifkan fitur pesan bila kalian ingin memberikan akses chat langsung pada pelanggan.


10. (Verifikasi) Jelaskan deskripsi singkat tentang bisnis temen-temen maksimal 750 suku kata.


11. (Verifikasi) Tambahkan minimal 1 foto atau lebih tentang bisnis yang kalian rintis; seperti logo, eksterior, interior toko dan lain-lain



12. Google akan menawarkan temen-temen kredit iklan gratis senilai Rp 3.000. Jika ingin diklaim klik 'Klaim Kredit Anda', jika tidak silahkan klik 'Lewati'.


13. Terakhir silahkan klik 'Lanjutkan' untuk mengkonfirmasi pembuatan bisnis kalian. 

Setelah dikonfirmasi bisnis akan ditinjau serta diverifikasi dahulu oleh google sebelum ditayangkan di penelusuran. Biasanya peninjauan ini memakan waktu beberapa jam atau mungkin beberapa hari.


14. Agar bisnis temen-temen bisa dilihat oleh pelanggan pastikan poin-poin sebelumnya (yang bertuliskan Verifikasi) sudah dilengkapi, jika belum dilengkapi (hanya dilewati saja) akan muncul peringatan seperti gambar dibawah ini.


    Jika semuanya sudah lengkap dan tidak ada peringatan seperti gambar diatas itu artinya bisnis temen-temen sudah berhasil tayang di penelusuran google dan selamat! kalianpun sudah siap untuk berbisnis online. 

    Disarankan bagi kalian untuk sering-sering mengupdate bisnis; bisa dengan menambah foto, video ataupun membuat postingan terbaru dan seterusnya agar bisnis kalian semakin dilirik oleh google dan diprioritaskan kepada pelanggan.

    Oke temen-temen blogger, penulis sampaikan terima kasih teruntuk kalian yang telah menyimak uraian artikel singkat ini semoga berguna bagi kalian para pejuang bisnis online ataupun offline, tidak lupa admin doakan semoga usaha temen-temen semakin maju, semakin laris serta semakin branding.

Sekian dan Terima Kasih 🌟

Post a Comment for "Cara Membuat Bisnis di Google Business dengan Mudah bagi Para Pebisnis"