Mengganti Template Blogger? Pengertian dan Cara Pasangnya

    Membuat blog harus semaksimal mungkin sebab kita berusaha menyajikan bacaan yang nyaman agar sedap dibaca oleh para Reader blog; mulai dari pemilihan judul, penulisan artikel, parafrase, pemilihan template dan masih banyak lagi yang mesti dipertimbangkan.

    Kalian yang baru mulai ngeblog mungkin ada yang penasaran dan bertanya-tanya dengan istilah 'Template', dan bagaimana cara mengatur atau menyetelnya? Nah, di kesempatan ini penulis akan paparkan sekilas terkait template serta cara penyetelannya di website; dalam hal ini blogger.

    Singkatnya, Template ini adalah tampilan tema website yang dilengkapi dengan warna, model dan fitur yang bermacam-macam, dan template ini disetel dengan coding-coding HTML tertentu. Jadi untuk bisa mengotak-ngatik template website kalian tidak harus sangat ahli bahasa programming; tapi setidaknya temen-temen bisa basic mengedit bahasa pemrograman.

Template ada 2 macam :

1. Gratisan

    Template gratisan dalam artian untuk mendapatkannya kalian tidak perlu mengeluarkan modal dan bisa dicari secara bebas di internet, karena bisa dicari secara bebas sudah bisa terlihat banyak kekurangan dan minusnya.

2. Premium (Berbayar)

    Template ini adalah template versi berbayar yang dirancang oleh orang tertentu yang mahir bahasa programing. Sesuai dengan namanya 'Premium' artinya templatenya tidak pasaran, tidak murahan dan tentunya lebih unggul dalam beberapa aspek daripada template gratisan; seperti template Viomagz dan Linkmagz rancangan mas Sugeng atau template Igniplex rancangan mbak Ignil.

    Itulah uraian pengertian template website yang bisa penulis terangkan secara singkat; mengingat penulis sendiri bukan pakar IT atau semacamnya. Selanjutnya kita coba cara memasang template ke blogger, disini penulis gunakan template Viomagz. Caranya :

1. Untuk template gratisan temen-temen bisa searching di internet. Untuk template premium Viomagz silahkan hubungi langsung mas sugeng dengan mengunjungi blognya sugeng.id atau hubungi langsung melalui email [email protected]

2. Silahkan unduh template yang akan digunakan dan pastikan ulang file yang didownload berformat .xml (Lihat di gambar)


3. Buka blogger seperti biasanya, selanjutnya di dashboard sebelah kiri silahkan klik pada menu 'Tema'.


4. Tampilan akan berubah. Jika di scroll ke bawah kalian bisa disediakan beberapa template gratisan langsung dari blogger yang bisa kalian pakai jika tidak ingin repot-repot cari template; namun seperti yang penulis katakan diatas 'Template gratisan pasti memiliki kekurangan'.

Untuk memakai template lain yang sudah didownload silahkan klik pada simbol tanda panah ke bawah disebelah menu 'Sesuaikan'.


5. Lantas ada beberapa pilihan opsi yang tersedia, silahkan pilih 'Pulihkan'.


6. Langsung klik upload dan pilih file berformat .xml yang sudah diunduh sebelumnya.


7. Setelah template berhasil di upload maka tampilan blogpun sudah berubah seperti tampilan template Viomagz pada gambar dibawah ini.


    Alright guys, itulah langkah demi langkah untuk mengganti template untuk blogger. Perlu diperhatikan template blogger tidak bisa dipakai di wordpress atau website yang lain; jadi tiap platform ada rancangan templatenya sendiri-sendiri.

    Dan penulis ingatkan untuk kalian yang ingin mendapatkan template premium ada baiknya jangan mengambil secara ilegal atau mengunduh secara gratis tanpa izin, silahkan langsung hubungi perancang / pembuatnya sebagai bentuk apresiasi kita terhadap hasil karya orang lain; baik template Viomagz, Igniplex atau template berbayar lainnya.

Sekian dan Terima Kasih 🌟

4 comments for "Mengganti Template Blogger? Pengertian dan Cara Pasangnya"

  1. Kalo template Linkmagz apa sama saja bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau ya, belum pernah nyoba soalnya 🙃, mungkin tutorialnya menyusul ya 🙏🏻

      Delete
  2. Harga Template viomagznya berapa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu pas saya beli harganya kisaran 200 rbuan, tidak tahu juga kaloq sekarang. Soalnya harganya bisa berubah sewaktu-waktu

      Delete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)