Tutorial Menambahkan Halaman di Menu Navigasi Template Viomagz

    Pada artikel yang sudah lewat penulis pernah mengurai tentang cara membuat beberapa halaman yang kudu serta harus ada dalam sebuah blog; meliputi halaman About, Disclaimer dan Privacy Policy. Selain halaman-halaman yang bersifat wajib tadi, biasanya para blogger juga membuat halaman tambahan lain seperti daftar isi dan masih banyak lagi.

    Halaman-halaman tambahan itu dibuat oleh para blogger untuk memudahkan para pembaca yang ingin mengakses info-info tertentu lalu dipasang di bagian-bagian tertentu sesuai template yang dipakai; ada yang diatas, bawah dan pinggir.

    Di template Viomagz sendiri navigasi terletak di bagian Header atau bagian atas. Nah sekarang kita bahas cara menambahkan halaman di menu navigasi Template Viomagz dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Siapkan terlebih dahulu halaman yang telah dibuat dan sudah berstatus telah dipublikasikan.

2. Setelah halaman sudah siap, silahkan buka halaman dengan cara klik simbol mata satu. Lantas kalian akan dialihkan menuju halaman tersebut di tab baru, kemudian salin alamat URL halaman tersebut.



3. Silahkan kembali ke dashboard blogger lalu masuk ke menu Tata letak. Disana terdapat semacam bagan-bagan berbentuk persegi panjang yang masing-masingnya terdapat gambar pena di ujungnya. Klik pada gambar pena di bagan 'Kode Menu Navigasi'.


4. Akan muncul bilah jendela seperti gambar dibawah. Pastekan kode dibawah ini :

          <li><a href="https://mashilman.blogspot.com/p/daftar-isi.html">Daftar Isi</a></li>

    Ganti tulisan berwarna merah dengan URL halaman yang telah dicopy tadi dan ganti tulisan berwarna oranye dengan teks yang akan ditampilkan di menu navigasi, selanjutnya klik 'Simpan' untuk menyimpannya dan pastikan kalian sudah menchecklist 'Tampilkan Widget Ini'. Semuanya sudah beres, silahkan lihat sendiri hasilnya.


    Penulis tegaskan ulang disini bahwa ini adalah tutorial yang bisa diikuti oleh temen-temen yang sudah menggunakan Template Viomagz. Sementara untuk template lain (selain rancangan Mas Sugeng) tentu cara penyetelannya tidak sama dan harus mengedit kode HTML di menu tema yang tentunya agak ribet untuk dilakukan sendiri; lebih-lebih jika tidak memahami dasar-dasar coding HTML.

Sekian dan Terima kasih 🌟

Post a Comment for "Tutorial Menambahkan Halaman di Menu Navigasi Template Viomagz"