Panduan Mengubah Favicon Blogger

    Ketika kalian menjelajahi dunia blogging barangkali ada yang pernah mendengar istilah 'Favicon' dan penasaran dengan istilah tersebut. Untuk kalian yang belum tahu, Favicon sendiri adalah ikon kecil yang menampilkan logo blog dan terpampang di bagian tab browser.


    Favicon ini sifatnya tidak wajib diganti alias opsional, bila belum diubah favicon akan bergambar logo blogger sebagai settingan defaultnya dan belum terlihat profesional, maka dari itu agar lebih menarik dan makin branding favicon blog perlu diganti dengan logo blog kita. Simak panduannya dibawah ini :

1. Siapkan dahulu logo berukuran medium atau besar yang akan dipakai sebagai logo blog.

2. Selanjutnya logo perlu diperkecil ukurannya, untuk memperkecil ukuran logo temen-temen bisa gunakan aplikasi 'Paint'. Buka logonya di software tersebut lalu klik 'Ubah Ukuran' pada bilah atas.



3. Pilih mode 'Piksel' kemudian hilangkan centang pada checklist 'Pertahankan rasio aspek' dan cantumkan ukuran 30 (Horizontal) x 30 (Vertikal) berbentuk persegi. Selesai klik 'Ok' dan jangan lupa disave hasilnya supaya tidak hilang.


4. Logo sudah siap, selanjutnya masuk ke dashboard blogger dan masuk ke menu 'Setelan' lalu klik tulisan 'Favicon' berwarna biru.


5. Lantas kalian akan dialihkan ke tab baru untuk mengkonfigurasikan logo yang akan dipasangkan. Untuk menambahkan klik 'Pilih File' kemudian klik 'Simpan'.


    Itulah dia 5 langkah mudah Panduan Mengubah Favicon Blogger, setelah tersimpan favicon tidak langsung terganti begitu saja, temen-temen harus bersabar menunggu selama beberapa jam atau mungkin bisa lebih lama karena masih dalam proses oleh server. Perlu diperhatikan, agar berhasil ditambahkan gambar harus berbentuk persegi / bujur sangkar dan tidak boleh berukuran lebih dari 100 KB, jika gambar tidak memenuhi ketentuan akan muncul tulisan warna merah bertuliskan 'Bukan gambar persegi' setelah disubmit / ditambahkan.

Sekian dan Terima Kasih 🌟

Post a Comment for "Panduan Mengubah Favicon Blogger"