Cara Bayar UKT di SISTER Universitas Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember 2023

     Apa kabar kalian mahasiswa UIN KHAS? Dari Fakultas apapun kalian, Prodi manapun kalian dan semester berapapun kalian, admin doakan semoga kuliahnya senantiasa dilancarkan serta dimudahkan hingga kalian lulus keluar dari kampus membawa gelar sarjana atau pascasarjana.

    Di akhir liburan semester ini (tepat pada tanggal artikel ini dipublish) admin selaku mahasiswa UIN KHAS akan membuat tutorial singkat cara membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Sistem Informasi Terpadu (SISTER), artikel ini dibuat sebagai pemandu bagi Mahasiswa Baru (MABA) yang menemui berbagai macam masalah ketika akan membayar UKT; mulai dari kebingungan, tidak familiar dan masih banyak lagi yang ujung-ujungnya menyebabkan mahasiswa terlambat melanjutkan studinya.

    Oke simak langkah-langkahnya dibawah ini;

1. Buka laman SISTER melalui link https://sister.uinkhas.ac.id/gate/menu. Maka akan muncul tampilan awal halaman SISTER. Silahkan masukkan akun dengan nama pengguna dan kata sandi kalian yang dapatkan saat pendaftaran.

    Biasanya kampus menyetel nama pengguna dengan NIM mahasiswa, sedangkan kata sandi disetel sesuai dengan tanggal lahir mahasiswa dengan format Tahun, Bulan lalu Tanggal. Umpama ada mahasiswa lahir pada tanggal 1 Januari 2002, maka sandinya adalah 20020101. Namun tidak menutup kemungkinan sistem ini akan berubah kedepannya.


2. Setelah berhasil masuk akan muncul beberapa opsi, silahkan pilih 'SIM Akademik'.


3. Lalu dibagian atas ketuk menu 'Mahasiswa'. (Lihat gambar)


4. Lantas kalian akan diarahkan ke halaman dashboard seperti dibawah. Kemudian disudut kiri atas ketuk navigasi utama dan pilih menu 'Perkuliahan'.


5. Setelah diketuk maka akan muncul banyak pilihan sub-menu, silahkan temen-temen pilih menu 'Riwayat Keuangan'.


6. Terdapat 2 pilihan opsi; 'Tagihan yang Dapat Dibayar' dan 'Tagihan Lunas'. Untuk membayar pilih opsi 'Tagihan yang Dapat Dibayar', kemudian silahkan centang kotak kecil yang ada dibawah.


7. Scroll ke atas lalu klik menu 'Generate' berwarna hijau.


8. Ketuk menu 'Virtual Account BRI' untuk mendapatkan kode virtual BRI.


9. Selanjutnya ketuk 'Ok'.


10. Generate kode virtual BRI sudah berhasil dilakukan yang ditandai dengan munculnya notifikasi hijau seperti pada gambar dibawah.


11. Silahkan lakukan pembayaran menggunakan kode VA yang telah digenerate tadi sebelum tanggal jatuh tempo.


    Baik itu saja sedikit tutorial Cara Bayar UKT di SISTER UIN KHAS Jember yang bisa penulis share pada para pembaca sekalian. Sekedar informasi untuk kalian, tidak menutup kemungkinan tutorial ini tidak berlaku lagi kedepannya jika memang ada peningkatan server atau ada update terbaru dari pihak kampus.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Cara Bayar UKT di SISTER Universitas Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember 2023"

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)