Fungsikan Fitur Channel Telegram sebagai Peningkat Personal Branding Blog

    Telah lama penulis bahas jauh-jauh hari sebelumnya tentang 3 Langkah Membangun Personal Branding Blog di Google Maps. Kali kita akan berbicara seputar konsep Personal Branding lagi namun dengan memanfaatkan media yang berbeda dari sebelumnya; yaitu Channel Telegram atau Kanal Telegram.


    Barangkali dari kalian sudah familiar dengan satu aplikasi ini atau ada juga yang sekedar tahu namanya tapi tidak mengerti cara pengoperasiannya, cara kerja aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan saat kita menggunakan Whatsapp, intinya aplikasi ini juga dipakai oleh para penggunanya untuk berkirim pesan pada orang lain.

    Di aplikasi Telegram sendiri terdapat satu fitur yang menarik yaitu fitur 'Channel'; kurang lebih mirip dengan fitur 'Komunitas' di aplikasi Whatsapp. Jadi melalui fitur 'Channel Telegram' ini setidaknya kita berusaha meningkatkan peluang agar blog kita semakin mudah ditemukan oleh banyak orang; dalam hal ini berarti orang-orang pengguna Telegram.

    Untuk menyingkat tulisan agar tidak terlalu panjang dibaca langsung saja ke caranya dibawah ini;

1. Buka aplikasi Telegram. Kemudian kalian ketuk ikon gambar pensil berlatar lingkaran warna biru dibagian bawah.


2. Setelah itu akan muncul 3 pilihan yang tersedia; Grup Baru, Secret Chat Baru dan Channel Baru. Untuk membuat Channel silahkan temen-temen pilih dan ketuk 'Channel Baru'.


3. Tampilan akan berubah seperti gambar dibawah ini. Silahkan masukkan nama Channel yang ingin kalian buat sekaligus dengan deskripsi Channelnya. 

    Sebagai contoh; disini saya membuat sebuah Channel dengan nama 'Contoh Channel selanjutnya bagian deskripsi saya isikan dengan 'Channel untuk Sharing Informasi'.


4. Berikutnya kita akan diarahkan ke pengaturan Channel, agar semakin mudah ditemukan di penelusuran Telegram silahkan kalian setel opsi channelnya menjadi 'Channel Publik'; bukan ke 'Channel Pribadi'.

    Lalu masukkan tautan channel yang akan dibuat sesuai keinginan kalian asalkan tautannya tersedia yang ditandai dengan tulisan 'Tersedia' kecil tepat dibawahnya.


5. Akhirnya Channel Telegram sudah berhasil dibuat dan bisa kita gunakan untuk mempromosikan artikel blog, jasa atau kabar ter-update sobat blogger sekalian.


    Melalui Channel Telegram ini kalian bisa lakukan siaran atau Broadcast jika ada update informasi atau postingan terbaru dari situs blog temen-temen sekalian sehingga mempermudah orang, fans atau follower kalian agar tidak ketinggalan informasi terbaru blog.

    Nah bagi kalian pembaca setia blog Mas Hilman yang punya akun Telegram dan tidak mau ketinggalan update terbaru dari blog ini bisa coba nih bergabung ke Channel Telegram MH melalui tautan t.me/Mashilmanchannel atau langsung saja scan barcode yang telah admin sediakan di awal paragraf tadi atau bisa juga dengan cari @Mashilmanchannel di penelusuran Telegram. Bila berkenan mohon bantuan boostnya melalui tautan https://t.me/Mashilmanchannel?boost agar Channel ini semakin maju dan berkembang lebih baik.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

8 comments for "Fungsikan Fitur Channel Telegram sebagai Peningkat Personal Branding Blog"

  1. Wah tipsnya mantep jg nih mas.... tp saya blm punya telegram euy.. musti instal dulu ya mas?

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Bukan kayak channel youtube kak, lebih mirip dengan fitur 'Komunitas WA' atau bisa juga kayak grup WA :)

      Delete
  3. Saya dulu pernah punya aplikasi telegram,tapi sekedar numpang lewat krna banyak temen yg pake apk wa akhirnya saya uninstall lagi deh..tapi makasih infonya mas siapa tau suatu hari pake apk ini lagi

    ReplyDelete
  4. Wah kyknya kren juga ya, cusss langsung instal deh. trims mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak 🙏🏻 Semoga manfaat buat kakaknya

      Delete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)