Desain Tata Letak Gadget Template Blogger dan Aturan Penataannya yang SEO Friendly

    Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dan ditingkatkan ketika merintis suatu blog sehingga kedepannya blog akan semakin berkembang dan semakin lebih baik lagi; diantaranya adalah penataan tata letak gadget. Secara garis besar desain tata letak template blogger adalah seperti 2 ilustrasi gambar dibawah ini (versi desktop dan versi seluler);

Desain Template Blogger 

    Template blog juga harus diperhatikan penataan gadgetnya sebaik mungkin untuk mempermudah akses pembaca blog sehingga mereka akan merasa nyaman dan betah berlama-lama membaca artikel blog temen-temen dan ini sudah menjadi kebijakan dari Google sendiri bila ingin diprioritaskan oleh Google.

    Dari 2 ilustrasi gambar diatas bisa terlihat ada 4 pembagian ruang tata letak template :

1. Header


    Sesuai dengan namanya; Header adalah bagian paling atas dan utama dari situs web. Bagian Header merupakan wilayah yang sangat potensial untuk dipasang iklan, sebab bagian ini pasti akan terlihat pertama kali oleh para pengunjung blog.

2. Sidebar

    Sidebar adalah bagian ruang halaman yang ada disamping halaman blog. Di bagian ini admin hanya memasang gadget 'Postingan Populer'.

3. Sidebar Sticky


    Sedangkan Sidebar Sticky letaknya sama dengan Sidebar hanya saja posisinya ada tepat dibawah Sidebar. Ada 2 iklan yang admin sisipkan pada bagian Sidebar Sticky.

4. Footer


    Yang terakhir adalah Footer atau kaki halaman yaitu penghujung atau ruang akhir dari situs web. Di blog ini bagian Footer admin pasang dengan ikon media sosial dan beberapa halaman wajib yang sudah dibahas sebelumnya.

    Itulah susunan tata letak template blog / situs web, namun ini hanya secara umum saja beda perancang maka bisa berbeda pula desain tata letaknya. 4 pembagian diatas sebaiknya tidak dipasang dengan terlalu banyak gadget yang tidak diperlukan agar tidak membebani waktu muat blog temen-temen, pasang gadget seperlunya saja, tidak berlebihan dan simpel saja sehingga terlihat nyaman di mata para pembaca.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Desain Tata Letak Gadget Template Blogger dan Aturan Penataannya yang SEO Friendly"