Mudahnya Konsultasi Kesehatan Secara Online dengan Alodokter

    Semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami yang namanya 'Sakit' di momen-momen tertentu sepanjang hidupnya, ketika seseorang sakit itu artinya menandakan bahwa kondisi tubuhnya sedang tidak baik-baik saja alias kurang fit, dan disaat itu juga kita harus menemui seorang ahli kesehatan, dokter, tabib dan semacamnya agar diberikan diagnosis yang tepat untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan gejala-gejala yang mengganggu. Untuk menemui si dokter caranyapun berbeda-beda, dulu orang menemui dokter masih secara langsung dengan mendatangi tempat prakteknya, namun di zaman sekarang kita sudah bisa cek kesehatan secara online via Platform Alodokter; kembaran dari platform sebelah; halodoc. 

    Pendek kata; Alodokter adalah situs web dan aplikasi (di Android) yang didirikan pada tahun 2014 dan menyediakan berbagai macam layanan kesehatan; mulai dari periksa kesehatan, janjian dengan dokter, proteksi kesehatan dan layanan semacamnya. Di samping itu, akan ada banyak sekali dokter-dokter yang siap membantu temen-temen sesuai dengan bidang karirnya masing-masing; mulai dari dokter umum, spesialis, dokter THT, dokter mata, dokter gigi, dokter kulit, Psikiater, Psikolog dan masih banyak lagi.

    Itu saja sekilas tentang Alodokter yang bisa penulis sampaikan, selanjutnya tidak perlu berpanjang-lebar langsung kita kupas tuntas tutorialnya;

1. Buka aplikasi Alodokter di HP masing-masing dan pastikan sebelum itu kalian sudah mendaftarkan (login/sign up) akun masing-masing. 

    Untuk melakukan konsultasi dengan dokter silahkan ketuk menu 'Mulai Chat' di tampilan awal ketika membuka aplikasi, kalian bebas memilih ingin konsultasi dengan dokter siapapun; sebagai contoh disini saya hendak konsultasi dengan dokter umum.

Aplikasi Alodokter

2. Setelah itu, tampilan akan beralih seperti gambar dibawah. Dulu konsultasi dokter umum tidak dipungut biaya alias gratis, namun sekarang biaya konsultasi ke dokter umum sudah mulai diberlakukan sebesar 8.500 dan tentunya akan semakin mahal jika kalian berkonsultasi ke dokter spesialis. Untuk melanjutkan silahkan ketuk tombol 'Chat Sekarang'.


3. Lantas kalian akan diminta untuk memilih metode pembayaran; bisa menggunakan Ovo, ShopeePay, Gopay atau yang lain. Silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang telah diplih, nantinya akan ada notif dari email bahwasannya pembayaran telah dilakukan.

 

4. Setelah berhasil melakukan pembayaran maka akan ada email masuk, itu artinya kalianpun sudah bisa melakukan chat dan berkonsultasi bersama dokter yang telah dipilih. Selanjutnya silahkan ketuk menu 'Chat Sekarang' berwarna biru di kotak masuk.


5. Lantas kalian akan ditanya siapa yang mengalami keluhan, untuk mengkonsultasikan anggota keluarga, kerabat atau orang lain kalian bisa tambahkan dengan mengetuk 'Tambah Profil' dibagian bawah.


6. Berikutnya silahkan isi dan cantumkan judul chat; berkaitan dengan keluhan yang dialami dan deskripsikan keluhan apa yang sedang dirasakan, lalu terakhir silahkan ketuk 'Kirim'.


7. Maka, secara otomatis aplikasi akan mencarikan dokter umum yang tersedia untuk diajak berkonsultasi. 

    Sembari menunggu pencarian dokter, sobat blogger bisa luangkan sedikit waktu untuk mengisi rekam medis; jika memang belum pernah sama sekali agar dokter bisa memberikan diagnosis dan meresepkan obat yang tepat serta efektif sesuai dengan riwayat kesehatan si pasien.

 

    Demikian tutorial singkat yang mungkin bisa bermanfaat dan berguna untuk sobat blogger sekalian. Namun, disini Admin izin berpendapat saja; kendati tes kesehatan sudah bisa secara online, tetap saja admin rasa pemeriksaan secara langsung merupakan solusi paling tepat dan akurat, ketika temen-temen berkonsultasi pada seorang dokter secara online; apapun bidangnya pada akhirnya dokter tersebut pasti akan menginstruksikan temen-temen untuk mengunjungi klinik atau rumah sakit terdekat agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan lebih real.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Mudahnya Konsultasi Kesehatan Secara Online dengan Alodokter"