Apa itu Kliping? Definisi Serta Susunan Kerangkanya

    Beberapa waktu lalu penulis mendapat tugas dari kampus untuk memenuhi nilai UTS dengan membuat 'Kliping', seketika itu penulis langsung terdiam dan merenung sejenak tentang istilah ini. Lantas penulis langsung mencari-cari informasi terkait istilah tersebut sekaligus penulis uraikan pada postingan kali ini.

Definisi

    Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa yang dimaksud dengan 'Kliping' adalah guntingan artikel atau berita dari surat kabar, majalah dan sebagainya yang dianggap penting untuk disimpan atau didokumentasikan. Singkatnya; dari definisi tersebut bisa kita bayangkan 'Kliping' sebagai kegiatan memotong-motong kertas dari koran, surat kabar atau semacamnya lalu ditempelkan pada suatu alas; bisa berupa buku, kertas karton atau media alas lainnya.


    Pengalaman admin ketika mendapatkan tugas membuatkan kliping adalah mencari koran yang meliput berita situasi terkini terkait perang antara Palestina dan Israel. Dan faktanya; saat ini koran sudah agak sulit ditemukan, sehingga mau tidak mau penulis harus beli koran secara online. Barangkali  sobat blogger juga mengalami hal yang sama dengan penulis dan butuh koran tapi sulit dicari, bisa langsung beli koran dari Kompas dengan berbagai liputan nasional maupun internasional.

Susunan Kliping

    Adapun susunan kerangkanya tidak berbeda dengan penyusunan makalah; umumnya Kliping tersusun dari bagian-bagian sebagaimana uraian yang tertera dibawah :

1. Sampul

    Bagian paling depan dimulai dengan sampul atau bisa juga kita sebut juga sebagai cover, di bagian ini dicantumkan informasi dasar seperti judul, nama penyusun beserta NIM / NIS dan dilanjutkan dengan nama sekolah / universitas.

2. Kata Pengantar

    Di bagian ini dicantumkan kata sambutan dari penyusun atau perwakilannya; jika penyusunnya lebih dari satu. Umumnya kata pengantar dimulai dengan memanjatkan rasa puji syukur dilanjutkan dengan terima kasih teruntuk pembimbing akademik, dosen, guru serta rekan-rekan yang telah berkontribusi dalam penyusunan kliping.

3. Daftar Isi

    Daftar isi menampilkan deretan susunan kerangka yang berfungsi untuk memudahkan pembaca kliping ketika mencari halaman tertentu yang dituju.

4. Isi

    Bagian pertengahan ini diisi dengan tempelan artikel, koran atau majalah yang telah digunting rapi sedemikian rupa.

5. Kesimpulan Saran

    Pada bagian ini ditulis dengan gagasan utama atau inti pokok dari isi pembahasan yang telah dicantumkan sebelumnya. Beberapa contoh kliping juga menyertakan 'Saran' setelah kesimpulan.

6. Daftar Pustaka

    Untuk menjamin keorisinalan dan keakuratan informasi, daftar pustaka atau rujukan merupakan hal yang tidak hanya wajib pada penyusunan kliping saja tapi juga pada penyusunan karya ilmiah lainnya agar benar tidaknya data yang telah disuguhkan bisa dipertanggunjawabkan.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Apa itu Kliping? Definisi Serta Susunan Kerangkanya"