Submit Artikel Blog ke Google Search Console | Pengertian, Cara dan Kendalanya

    Google Search Console (GSC) atau versi lawasnya lebih terkenal dengan nama 'Google Webmaster' adalah alat layanan / tools gratis dari Google yang difasilitasi untuk para Webmasters (Blogger, Admin situs web dan semacamnya) yang memungkinkan untuk menampilkan konten / artikel di mesin penelusuran Google sehingga bisa dilihat oleh banyak pengguna internet di seluruh dunia dan menampilkan hasil  laporan data performa (kunjungan, klik dan seterusnya) pengguna internet ke situs / blog si Webmasters terkait. Adapun tutorialnya sebagaimana berikut :

1. Buka artikel blog yang ingin di submit dan pastikan statusnya benar-benar telah terpublikasikan; bukan berstatus sebagai draft. Setelah itu silakan salin link URL artikelnya. (Lihat gambar)

Blog Mas Hilman.com

2. Berikutnya silahkan temen-temen langsung buka situs GSC dan jangan lupa pilih properti situs yang tepat agar proses submit bisa dilakukan. Di tampilan awal GSC sudilah kiranya (silakan) sobat blogger tempelkan link URL yang telah disalin ke kolom kolom pencarian yang ada diatas dan dilanjutkan dengan menekan Enter.


4. Setelah beberapa detik proses pencarian URL oleh sistem, maka status link artikel akan terpampang seperti gambar dibawah bertuliskan 'URL Tidak Ada di Google'. Terlebih dahulu sobat blogger klik 'Uji URL Aktif' untuk memastikan bahwa link URL terkait masih bisa diindeks.


    * Di sebagian kasus ada beberapa blogger yang menemui kendala pengindeksan berupa status bertuliskan 'URL tidak tersedia untuk Google' sehingga mereka kebingungan dan bertanya-tanya kenapa link artikel tidak bisa diindeks? Mudahnya; masalah ini terjadi karena setelan tranparansi penelusuran blog masih bersifat privasi. Lalu apa solusinya? Solusi penanganannya adalah dengan mengubah setelan tranparansi penelusuran blog yang sudah admin tulis pada artikel Optimasi Setelan Blogger yang Harus Diperhatikan.

'URL tidak tersedia untuk Google
'URL tidak tersedia untuk Google
Artikel Gagal Indeks

5. Selepas beberapa detik proses dan tidak ada kendala apa-apa; maka status akan bertuliskan 'URL tersedia untuk Google' dengan kata lain link artikel yang sudah di submit bisa dirayap dan diindeks di mesin penelusuran Google. Untuk lanjut ke pengindeksan klik 'Minta Pengindeksan'.


6. Maka proses pengindeksan dimulai ditandai dengan munculnya notif seperti gambar dibawah bertuliskan 'URL telah ditambahkan ke antrean crawl prioritas' kemudian di kalimat setelahnya terdapat pesan 'Mengirimkan halaman beberapa kali tidak akan mengubah prioritas atau posisi antrean' yang artinya adalah kalian tidak perlu melakukan pengajuan indeks berkali-kali; cukup sekali saja sebab hasilnya akan sama saja.


    Harus kalian ketahui bahwa link artikel yang telah disubmit tidak serta-merta akan langsung muncul di hasil penelusuran Google atau biasa dikenal dengan istilah SERP (Search Engine Result Page), Algoritme Google membutuhkan jangka waktu yang bervariasi; bisa mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. Jika kalian ingin melihat dan memastikan apakah artikel sudah muncul di penelusuran atau belum silakan searching di Google site:namablogkalian.com / blogspot.com, maka akan terlihat artikel mana saja yang berhasil terindeks.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Submit Artikel Blog ke Google Search Console | Pengertian, Cara dan Kendalanya"