Tata Cara Penulisan Referensi atau Daftar Pustaka yang Tepat dan Benar

     Kalangan akademis tentu sudah akrab dengan istilah 'Daftar Pustaka' atau mungkin juga ada temen-temen yang belum tahu, terkadang daftar pustaka juga dikenal dengan sebutan sumber pustaka, referensi, pranala atau rujukan.  Daftar Pustaka adalah deretan sumber bacaan yang digunakan peneliti atau pelajar sebagai rujukan bahan materi dalam menyusun suatu artikel ilmiah; baik artikel berbentuk makalah, essay dan semacamnya. Bagian ini merupakan elemen yang sangat penting untuk menjaga orisinalitas dan keaslian data yang termuat dalam suatu karya ilmiah sehingga validasinya bisa dipertanggungjawabkan  ataupun tidak.

Daftar Pustaka dan Referensi Makalah

    Adapun sumber bacaan yang dipilih umumnya peneliti mengutip data atau informasi dari buku, jurnal, video, website ataupun media yang sejenisnya, umumnya dengan mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul buku, nama penerbit serta lokasi penerbit / keterangan penerbitan.

    Telah penulis katakan sebelumnya bahwa Daftar Pustaka merupakan unsur penting dalam sebuah tulisan ilmiah, namun faktanya masih banyak sekali mahasiswa mengabaikan hal ini dan belum tahu aturan penulisan daftar pustaka yang tepat, fenomena inilah yang membuat admin menulis artikel ini untuk memandu para pembaca sekalian yang masih kebingungan cara menulis Daftar Pustaka.

Dari Buku

- (1 Penulis) Ubaydillah, Hilman. 2023. Kamus Polyglotis Edisi Pertama. Jember : Nama Penerbit.

- (2 / 3 Penulis) Scaffa, Marjorie E., Maggie Reitz, and Michael A. Pizzi. 2010. Occupational Therapy in the Promotion of Health and Wellness. American Medical Association : Chicago.

- (4 / Lebih penulis) Laumann, Edward O,. John H. Gagnon, Robert T. Michael, and Stuart Michaels. 2000. The Social Organization of Sexuality : Sexual Practices in the United States. University of Chicago Press : Chicago.

Dari Jurnal

Soehadha, Moh. 2021. Menuju Sosiologi Beragama : Paradigma Keilmuan dan Tantangan Kontemporer Kajian Sosiologi Agama di Indonesia. Jurnal Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial Vol. 15, No. 1. UIN Sunan Kalijaga : Yogyakarta.

Grady, J. S., Her, M., Moreno, G., Perez, C., & Yelinek, J. (2019). Emotions in storybooks: A comparison of storybooks that represent ethnic and racial groups in the United States. Psychology of Popular Media Culture, 8(3), 207–217. https://doi.org/10.1037/ppm0000185

Dari Website

Abdi, Husnul. 2023. Perbedaan Hak dan Kewajiban Beserta Contohnya yang Penting Diketahui. Diakses pada 1 Oktober 2023 Pukul 18.42 dari https://www.liputan6.com/hot/read/5287662/perbedaan-hak-dan-kewajiban-beserta-contohnya-yang-penting-diketahui?page=4

Dari Video

Edukasi Channel. 2023. Cara Belajar yang Efektif (Video). Youtube. https://www. youtube.com/watch?ad-fderd

Dari Skripsi, Tesis atau Disertasi

Masruroh. 2019. Metode Pembelajaran Motorik Halus pada Anak Kelompok A di Raudlatul Athfal Bustanul Ulum Curahlele Balung Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, IAIN Jember.

Dari Website tanpa nama penulis dan tanggal publikasi

Yugo (Manga). Wikipedia The Free Encyclopedia. Diakses pada tanggal 31 Mei 2024 pada pukul 14.40 dari https://en.wikipedia.org/wiki/Yugo_(manga)

    Oke sobat blogger sekalian, admin cukupkan sampai disini saja uraian singkat pada postingan kali ini. Dengan dibuatnya artikel ini admin harap tidak ada lagi masalah kebingungan caranya nulis daftar pustaka di kalangan akademis; mahasiswa khususnya.  

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Tata Cara Penulisan Referensi atau Daftar Pustaka yang Tepat dan Benar"

  1. Caranya nulis daftar pustaka lebih dari 1 penulis gimana bang?

    ReplyDelete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)