Alur-Alur Ujian BTQ di UIN KHAS Jember 2023

    Perlu diketahui bagi mahasiswa UIN KHAS bahwa untuk bisa skripsian di semester akhir terdapat beberapa ketentuan dari kampus yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa-mahasiswi; salah satunya adalah ujian BTQ (Baca Tulis Qur'an). Oke, tidak perlu panjang lebar lagi langsung saja sobat UIN ikuti langkah-langkahnya pada uraian dibawah ini;

1. Untuk bisa mengikuti ujian BTQ (Baca Tulis Qur'an) sobat UIN KHAS harus meminta rekomendasi terlebih dahulu ke DPA (Dosen Pembimbing Akademik) masing-masing. Tentunya tiap DPA memiliki prosedur sendiri-sendiri; beberapa ada yang DPA yang bisa di chat saja melalui Whatsapp, ada pula DPA yang harus ditemui secara langsung.

    Untuk DPA yang harus ditemui langsung tentu kalian mesti datang ke tempat sesuai yang telah ditentukan oleh DPA, tetapi jika bisa melalui Whatsapp silakan chat DPA masing-masing dengan bahasa yang sopan dan santun seperti contohnya dibawah ini;
Assalamu'alaikum Ustad 🙏

    Mohon maaf menggangu waktunya, saya atas nama :

    Hilman Ubaydillah (Cantumkan NIM)

    Mohon izin meminta rekomendasi ujian BTQ 

    Terima Kasih 🙏
2. Untuk mengecek apakah rekomendasi BTQ sudah diterima oleh DPA silakan sobat UIN KHAS masuuk ke SISTER di bagian SIM Akademik.


3. Pada bagian kiri atas pilih menu 'Perkuliahan' kemudian dilanjutkan dengan klik sub-menu 'BTQ' yang tersedia disana.

SISTER UIN KHAS

4. Maka disana akan tertera data mahasiswa serta jumlah kuota yang tersedia untuk calon peserta BTQ. Disana tercantum juga gelombang ujian serta status lulus dan tidak lulusnya BTQ.

Ujian BTQ UIN KHAS Jember

3. Pada sub-menu 'BTQ' tadi silakan scroll ke bawah, maka kalian akan melihat 2 keterangan; 'Status kelulusan BTQ (Ma'had)' dan 'Status rekomendasi BTQ dari DPA'. Bila status rekomendasi masih tertulis 'Tidak direkomendasikan' artinya DPA belum memberikan rekomendasi, tapi jika statusnya berubah menjadi 'Direkomendasikan' maka itu artinya kalian sudah bisa mengikuti ujian BTQ.


4. Selanjutnya kalian tinggal menunggu informasi surat edaran dibukanya gelombang ujian BTQ yang akan diumumkan di website UIN KHAS atau dari grup-grup mahasiswa UIN KHAS sesuai dengan urutan gelombang masing-masing.

5. Setelah surat edaran dikeluarkan, maka didalamnya akan ada daftar mahasiswa-mahasiswi pendaftar ujian BTQ beserta link grup Whatsapp. Silakan sobat UIN bergabung ke grup Whatsapp masing-masing sesuai surat edaran yang telah dikeluarkan.

6. Nantinya akan ada instruksi dari penguji terkait pelaksanaan ujian BTQ yang lokasi penyelenggaraannya bertempat di kantor Ma'had Al-Jami'ah UIN KHAS. Untuk kisi-kisi ujiannya berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya bisa sobat UIN lihat sebagai gambaran di bawah ini;

7. Setelah ujian BTQ dilaksanakan sobat UIN tinggal menunggu informasi terbaru dari grup Whatsapp. Jika sudah ada pengumuman kelulusan dari penguji kalian bisa cek kembali di SISTER, statusnya akan berubah dari yang awalnya 'Tidak lulus' menjadi 'Lulus'.


    Jika sudah lulus BTQ, sebaiknya jangan serta-merta langsung keluar dari grup Whatsapp tadi. Karena akan ada pengumuman lagi di grup tersebut terkait pengambilan E-sertifikat kelulusan. Nantinya E-sertifikat ini akan kita perlukan untuk bisa skripsian, jadi simpan baik-baik e-sertifikat tersebut dan jangan sampai hilang. Namun, perlu penulis katakan kembali ini adalah alur ujian BTQ sewaktu admin masih duduk di bangku perkuliahan tahun ajaran 2023 / 2024. Bukan tidak mungkin akan ada perubahan kedepannya; entah alur pendaftarannya, materi pengujiannya dan seterusnya.

    Untuk pengambilan E-Sertifikat bisa sobat UIN unduh melalui Website Ma'had Al-Jami'ah UIN setelah dipastikan telah lulus di SISTER. Dan untuk kalian yang tidak ingin ketinggalan info terbaru seputar pendaftaran ujian BTQ bisa gabung ke saluran Whatsapp Info Ujian BTQ-PPI UIN KHAS Jember

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Alur-Alur Ujian BTQ di UIN KHAS Jember 2023"