Apakah Bisa Upload Dokumen di Blogger?

    Bertahun-tahun sudah admin bermain-main di dunia blogging, hampir seluruh fitur telah admin coba satu-persatu. Namun, dari sekian banyak fitur beserta fungsinya tersebut masih ada tanda tanya yang terbesit di benak admin atau juga mungkin di benak temen-temen sekalian yang belum tahu; yaitu apakah di blogger kita bisa mengupload atau menambahkan dokumen; Doc, PDF, PPT atau format-format sejenisnya? Sejauh pengetahuan pengguna blogger dari yang masih pemula sampai yang sudah pro; sudah jelas saat ini blogger hanya menyediakan fitur upload file berbentuk gambar dan video saja, sementara fitur untuk mengupload dokumen tidak tersedia atau memang saat ini belum disediakan.

    Untuk menangani ketidakbisaan tersebut admin memutar otak untuk berusaha mengakalinya, setelah sekian panjang berpikir dan mencoba-coba akhirnya ditemukanlah solusinya yaitu dengan memanfaatkan Google Drive. Untuk melakukannya kita bisa fungsikan fitur 'Sisipkan link' yang telah disediakan oleh blogger dengan menyisipkan link dari file yang sudah diupload ke Google Drive. Pingin tahu caranya? Simak panduan mudahnya dibawah ini;

1. Langkah pertama silakan buka Google Drive masing-masing, lalu pilih file dokumen yang dipilih. Selanjutnya klik titik tiga kecil vertikal di sudut, maka akan muncul banyak pilihan menu yang tersedia, pilih menu 'Bagikan' disusul dengan klik sub-menu 'Bagikan'.

Google Drive

2. Sebagai contoh; disini admin memilih dokumen berformat 'Docx', agar bisa diakses secara umum pastikan kalian sudah mengatur akses umumnya ke 'Siapa saja yang memiliki link'. Dilanjutkan dengan menyalin link file dengan mengklik tombol 'Salin link'.

Cara mengupload dokumen di blogger

3. Langkah terakhir sobat blogger tinggal sisipkan saja link yang telah disalin tadi kedalam teks yang dituju. Ketika teks sudah disisipi link maka ketika diklik akan langsung diarahkan ke link halaman Google Drive sebelumnya.

Fitur-Fitur di Blogger

    Setelah membaca artikel ini maka bila ada pertanyaan 'Apakah bisa upload Dokumen di Blogger?' Jawabannya adalah 'Bisa' namun tidak bisa secara langsung, harus menggunakan 'Pihak ketiga' dalam hal ini adalah Google Drive. Karena memang untuk saat ini dari blogger sendiri belum menyediakan fitur upload dokumen secara langsung sebagaimana kita mengupload gambar atau video secara langsung. Semoga saja kedepannya blogger menambah fitur-fitur menarik yang fungsionalis sehingga menjadi lebih baik lebih sempurna lagi.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Apakah Bisa Upload Dokumen di Blogger?"