Mengalihkan Situs dari Blogspot ke Domain TLD di Google Search Console

    Barangkali dari sobat blogger sudah tahu atau masih ada yang belum tahu, domain dibagi 2; ada yang gratisan (berakhiran blogspot.com) dan domain TLD berbayar (Top Level Domain) seperti .com, .id, .net dan seterusnya. Diawal kali kita membuat blog domain blog pasti masih beralamat blogspot.com, ini adalah domain default dari blogger yang bisa kita gunakan secara gratis, bebas biaya tanpa ada batas bulanan maupun tahunan tentunya dengan kualitas yang pas-pasan.

    Setelah membeli domain TLD dan bermigrasi dari situs lama ke situs baru berdomain TLD yang sudah dibeli tadi, maka langkah selanjutnya yang perlu sobat blogger lakukan adalah memberitahu Google melalui Google Search Console (GSC) bahwa situs telah dialihkan dari alamat yang lama ke alamat yang baru sehingga metrik jalur trafik situs, halaman terindeks dan laporan lainnya masih bisa terbaca oleh mesin penelusuran Google.

1. Buka Google Search Console sesuai dengan akun masing-masing dan pilih properti / situs yang akan diubah alamat situsnya.


2. Pada bilah sebelah kiri akan terlihat banyak menu yang tersedia, untuk memindahkan alamat situs silakan ke menu 'Setelan' kemudian klik 'Perubahan alamat'

Google Search Console

3. Sobat blogger akan melihat tampilan seperti gambar dibawah, pada pilihan nomor 2 silakan tambahkan properti baru dengan klik 'Tambahkan properti'.


4. Selanjutnya kalian akan diminta untuk memilih jenis properti / situs tujuan. Sesuai dengan judul artikel; karena kita akan melakukan pengalihan dari domain blogspot (gratisan) ke domain TLD maka kita pilih jenis properti 'Domain' lalu cantumkan alamat URL berdomain TLD dan klik 'Lanjutkan'.

Jenis Properti Google Search Console

5. Setelahnya akan muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah yang mengindikasikan bahwa blog / situs kalian sudah berhasil dialihkan ke alamat URL yang baru. Secara otomatis pula status kepemilikannya akan terverifikasi melalui metode 'Penyedia nama domain' sehingga kredibilitas situs semakin terjamin.


    Perlu admin beri tahu juga bahwa pengalihan situs ini tidak hanya berlaku untuk mengalihkan situs dari domain default (blogspot.com) ke domain TLD saja, namun juga bisa dari situs lama ke situs baru yang berbeda; misalnya dari 'mashilman.blogspot.com' ke 'blogpelajaran.blogspot.com' dan semacamnya.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Mengalihkan Situs dari Blogspot ke Domain TLD di Google Search Console"