Pasang ID Pelacakan Google Analytics di Blogger 2023

    Salah satu tools yang sangat berguna untuk para Blogger adalah Google Analytics. Sepintas; Google Analytics tidak jauh berbeda dengan Google Search Console (GSC) yang keduanya sama-sama menampilkan data metrik hasil penelusuran, jumlah pengunjung dan seterusnya, hanya saja Google Analytics mengumpulkan data secara lebih lengkap dan akurat daripada Google Console.

    Karena tampilan halaman Analytics yang bisa dikatakan agak kompleks dan sedikit lebih rumit, maka kali ini admin tuliskan tutorial singkat dan mudah cara memasang ID pelacakan Google Analytics di Blogger, sehingga artikel ini bisa menjadi panduan bagi para blogger yang masih kebingungan cara pasang ID pelacakan Google Analytics. Selanjutnya simak panduan lengkapnya pada uraian dibawah ini;

1. Buka situs Google Analytics, setelahnya kalian akan langsung diarahkan ke laman beranda Google Analytics. Selanjutnya silakan klik pada bagian berkotak merah.

Google Analytics

2. Selanjutnya silahkan sobat blogger pilih akun Analytic serta properti yang akan dipasang ID pelacakannya. Karena Universal Analytics Universal sudah tidak beroperasi lagi, maka dari itu pastikan properti Analytics tujuan sudah bermigrasi ke GA4 yang bisa dilihat dengan adanya keterangan 'GA4'. 

Metrik Google Analytics

3. Di sudut kiri bawah silakan masuk ke menu 'Admin', maka kalian akan melihat banyak sub-menu yang tersedia. Silakan temen-temen pilih sub-menu 'Pengumpulan dan Perubahan Data' dilanjutkan dengan masuk ke sub-menu 'Aliran data'. Lantas kalian pilih aliran data tujuan yang tersedia disebelah kanan.

Aliran Data Google Analytics

5. Setelahnya kalian akan melihat detail aliran data; nama aliran data, URL aliran data, ID aliran data dan ID Pengukuran. Silakan salin ID Pengukuran yang terletak dibagian paling kanan (Kotak merah), namun sebelum itu pastikan formatnya sudah berawalan inisial 'G-'. 

ID Pengukuran Google Analytics

6. Langkah terakhir silakan buka dashboard blogger kalian masing-masing, buka menu 'Setelan' dan cari sub-menu 'ID Pengukuran Analytics', lalu tempelkan ID Pengukuran yang sudah disalin dari Analytics sebelumnya ke menu tersebut.

ID Pengukuran Analytics di Blogger

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Pasang ID Pelacakan Google Analytics di Blogger 2023"