Wajib Tahu! Mata Kuliah yang Akan Ditempuh di Jurusan Sastra Arab

    Sudah punya ancang-ancang masuk ke kampus impian? Apapun fakultasnya, dimanapun Perguruan Tingginya admin doakan selalu teruntuk kalian semoga dilancarkan semuanya; mulai dari pendaftaran, seleksi dan seterusnya. Setiap orang yang hendak mencalonkan diri sebagai mahasiswa pasti memiliki pilihan sesuai dengan minat, bakat dan potensinya masing-masing. Oleh sebab itu, pesan dari admin pada calon mahasiswa baru dari kampus manapun adalah jangan sampai temen-temen masuk ke Program Studi tertentu karena terpaksa.

Gedung FUAH UIN KHAS Jember
Gedung Akademik FUAH

    Sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri ke kampus impian, hendaknya kalian mengenali diri kalian masing-masing terlebih dahulu, sehingga selama 4 tahun belajar di kampus kalian tidak akan merasa keberatan, kebebanan atau keluhan-keluhan sejenisnya. Sudah banyak sekali kasus-kasus mahasiswa mandek di tengah jalan dengan berbagai alasan; mulai dari salah jurusan, ekonomi, paksaan orang tua dan seterusnya. Salah jurusan adalah fenomena yang paling sering terjadi di kalangan mahasiswa. Itulah tujuan ditulisnya postingan ini tidak lain agar tidak terulang lagi kejadian-kejadian sebagaimana yang telah dijabarkan sebelumnya sekaligus sebagai langkah antisipatif terhadap hal-hal tersebut.

    Sesuai dengan judul artikel; maka pelajaran-pelajaran yang akan dikaji tidak jauh-jauh dari ruang lingkup bahasa Arab dan yang masih ada keterkaitan bahasa Arab. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan mendaftarkan diri ke jurusan Bahasa dan Sastra Arab setidaknya teman-teman sudah berkaca diri dengan kemampuan dan bakat masing-masing. Bicara tentang prospek kerja; ada banyak peluang kerja yang bisa diperoleh lulusan Bahasa dan Sastra Arab sebagaimana berikut;
  • Penyuluh agama Islam
  • Mufassir dan Ahli Hadis pemula
  • Akademisi bidang Al-Qur'an, Tafsir dan Hadis
  • Asisten peneliti bidang Al-Qur'an, Tafsir, Hadis, Sosial keagamaan dan Bahasa Sastra Arab
  • Pendidik bidang Al-Qur'an dan Tafsir
  • Pendidik Bahasa Arab
  • Sejarawan
  • Sastrawan pemula
  • Linguist Arab
  • Mutarjim (Penerjemah bahasa Arab)
  • Guide and Tourism Haji / Umroh
  • Peneliti Sastra dan Bahasa Arab
    Nah, pada artikel ini admin selaku mahasiswa BSA (Bahasa dan Sastra Arab) akan pampangkan kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (Serta RPS-nya yang masih sempat admin simpan) di fakultas Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember berdasarkan pengalaman pribadi admin sewaktu masih mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan sebagaimana berikut :

- Semester 1

1. Bahasa Indonesia
2. Bahasa Arab
3. Bahasa Inggris
4. Filsafat Umum
5. Ilmu Kalam
7. PKN
8. Pengantar Studi Islam
9. Studi Al-Qur'an

- Semester 2

1. Falsafah Ulum Islamiyah (Link 1, Link 2)

- Semester 3

1. Tarikh Al-Adab (Link 1, Link 2)
4. Maharah Kalam
6. Filologi dan Fiqih Lughoh (Link 1, Link 2)

- Semester 4

1. Hermeneutika, Semiotika dan Filsafat Bahasa (Link 1, Link 2)
4. Ilmu Balaghah
5. Ilmu Dilalah Wal Ma'ajim (Link 1, Link 2)

- Semester 5

8. Sosio-Antropologi Agama (Link 1, Link 2)

- Semester 6

1. Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra
2. Entrepreneurship
3. Peradaban Islam dan Islam Nusantara
4. Naqd Al-Adab
5. Al Arabiyah Al Siyahah
6. Tarjamah Al-Tathbiqiyah
7. Taqwim Al-Ta'lim Al-Lughawi

- Semester 7

1. PPL
2. KKN
3. Skripsi

    Itulah kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Arab. Sesuai dengan namanya; Program Studi ini lebih cocok untuk para pembelajar bahasa Arab, alumni Pondok Pesantren atau Sekolah-Sekolah Islam, bukan tanpa alasan; sebab dalam jurusan ini sudah bisa dipastikan kalian akan berhadapan dengan gramatikal bahasa Arab serta disiplin-disiplin ilmu lain yang terkait dengannya, sementara ilmu-ilmu tersebut hanya ada lembaga pendidikan berbasis keislaman dan tidak dikaji di lembaga-lembaga formal.

    Perlu penulis ulangi lagi bahwa beberapa mata kuliah diatas sesuai dengan kurikulum tahun ajaran 2021 - 2024 yang artinya tidak menutup kemungkinan akan ada perubahan kurikulum di tahun-tahun berikutnya, namun setidaknya apa yang sudah admin uraikan disini bisa menjadi rujukan sekaligus sebagai gambaran untuk sobat blogger yang ingin memilih jurusan Bahasa dan Sastra Arab. 

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Wajib Tahu! Mata Kuliah yang Akan Ditempuh di Jurusan Sastra Arab"