Berbagai Macam Rintangan yang Sering Dihadapi Seorang Blogger

    Hai! Sebelum membicarakan pokok pembahasan ada hal yang perlu disampaikan; terus terang saja artikel ini sejatinya admin persembahkan untuk menyapa para blogger yang tengah berjuang susah payah merintis blognya, akan tetapi tentunya penulis tidak membatasi artikel ini terkhusus untuk kalangan blogger saja; siapa saja tentu saja boleh dan berhak membaca tulisan ini. Siapa tahu salah satu dari kalian yang pada awalnya tidak mengenal blog ujung-ujungnya justru mendapat 'Hidayah' untuk ikut-ikutan ngeblog setelah membaca artikel ini, ambil intisari pembahasan kali ini sebagai ilmu tambahan supaya tidak terkejut di saat berusaha membangun blog nantinya.

    Perlu pembaca sekalian ketahui bahwasannya tujuan orang menggeluti dunia blogging setidaknya ada 3; yaitu hobi, trafik dan uang. Segelintir orang ada yang secara lahiriyah memang sudah gemar menulis tanpa mengharap timbal balik berupa trafik ataupun penghasilan, berdasarkan pengamatan penulis; tipe-tipe seperti ini umumnya lebih suka menulis tentang puisi, pantun, pengalaman pribadi atau hanya sekedar menuangkan curahan hatinya ke dalam sebuah tulisan. Tipikal selanjutnya adalah blogger yang menulis dengan tujuan untuk meningkatkan trafik sehingga jati dirinya menjadi dikenal banyak orang dan namanya semakin branding, jadi singkatnya hanya bertujuan agar orang-orang mengakui keberadaannya. Lalu yang terakhir adalah blogger yang menulis dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan. Tipe ketiga ini sebetulnya juga bisa dimasukkan ke dalam tipikal kedua, sebab untuk memperoleh penghasilan tentu yang dibutuhkan adalah trafik dari pengguna internet di luar sana; semakin tinggi trafiknya makin besar pula penghasilan yang akan diperoleh.

     Karena blogger.com merupakan platform berbasis tulis menulis maka kalian harus memiliki kesenangan menulis; seperti blogger tipe pertama yang telah disebutkan diatas agar bisa sukses besar didalamnya. Banyak kasus situs blog mati tidak diupdate lagi yang seringkali penyebabnya adalah kegemaran menulis authornya yang semakin menipis dari waktu ke waktu, hal tersebut dipicu oleh beberapa faktor yang kerapkali menimpa seorang blogger dibawah ini :

1. Sulitnya Indeks Artikel

    Faktor pertama yang tercantum disini adalah sulitnya artikel terindeks di mesin penelusuran. Faktanya memang ketika seorang blogger telah memposting banyak artikel tidak selalu seluruh artikel yang telah ditulis tadi akan langsung terindeks semua di SERP (Search Engine Result Page) Google, dari sekian banyak artikel umumnya Google akan mengindeks beberapa saja. 

2. Malas menulis

    Tidak jauh-jauh dari yang telah dipaparkan di awal-awal paragraf; faktor kedua adalah kegemaran menulis yang cenderung lemah. Poin kedua ini tidak ada solusinya kecuali dengan membiasakan rajin dan giat menulis secara rutin. Tidak cukup sampai disitu saja; malas menulis juga berimbas pada hilangnya artikel blog dari SERP secara perlahan, Google akan melihat blog yang jarang update sebagai blog yang sudah mati tidak terawat hingga akhirnya posisi blog mati yang tersangkut akan tergantikan oleh blog lain yang terlihat lebih aktif update.

    Jadi pada poin kedua ini penulis hanya bisa menyampaikan 'Wasiat' untuk kalian "Rutinkanlah menulis artikel", lantas bila demikian; seberapa seringkah kita harus rutin menulis? Pertanyaan tersebut sudah penulis jawab pada Berapa Kali Posting Artikel di Blog dalam Sehari?

3. Ditolak Google Adsense

    Untuk yang ketiga ini seringkali terjadi pada blogger yang bertipe gencar-gencarnya berburu penghasilan semata. Tidak bisa penulis bantah bahwa kenyataannya memang lumayan sulit untuk diterima Google Adsense dan pengalaman tersebut juga pernah penulis alami sendiri di awal-awal bermain blog dulu. Lebih-lebih aturan ketentuan Adsense saat ini yang semakin lama makin ketat dan kompleks membuat para Blogger geleng-geleng kepala.

4. Rendahnya Trafik

    Sudah penulis singgung sebelumnya bahwa trafik merupakan 'Harta karun' incaran para blogger, barangkali trafik pengunjung blog yang rendah ini diakibatkan oleh konten yang ditulis kurang menarik minat perhatian para pengguna internet, terhambatnya indeks artikel atau karena kesulitan menemukan pengguna blogger yang masih aktif saat ini.

5. Kurangnya Jaringan Sesama Blogger

5. Kurangnya Jaringan Sesama Blogger

    Telah kita semua ketahui bahwa saat ini Youtube merupakan Platform internet terpopuler nomor 1 di dunia, hal tersebut berimbas pada berkurangnya pengguna blogger aktif. Selain itu dikuatkan juga dengan satu fakta bahwa mayoritas orang-orang Indonesia kurang minat membacanya, kebanyakan dari orang-orang kita lebih suka mendengarkan daripada membaca. Memang benar jumlah pengguna tidak  sebanyak dulu; kendati demikian bukan berarti pengguna blogger sudah benar-benar habis tidak tersisa, untuk menangani masalah yang kelima ini sudah jelas caranya adalah dengan memperluas relasi jaringan sesama blogger melalui komunitas blogger atau boleh juga dengan memanfaatkan Blogwalking yang telah dibahas pada Pentingnya Blogwalking ke Sesama Blogger untuk Meningkatkan Traffic Blog

    Itu dia sederet rintangan yang kerapkali menimpa seorang Blogger pemula, kelima poin yang telah disebutkan diatas saling berhubungan dan berimbas antar poin satu terhadap poin yang lain. Satu hal yang tidak kalah pentingnya lagi adalah perbanyak jaringan pertemanan sesama rekan blogger. Akhir kata sekaligus sebagai penutup admin hanya ingin menghaturkan pesan "Yuk! Semangat ngeblog", 

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Berbagai Macam Rintangan yang Sering Dihadapi Seorang Blogger"

  1. Kalau aku ngeblog karena murni hobi saja, ---tapi tetap problem malas menulis itu tetap ada, ahahaha :D

    ReplyDelete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)