Bingung Mau Nulis Apa? Biar Tidak Kehilangan Ide Coba Tips Ini!

Menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi segelintir orang yang hobinya adalah menulis bahkan bisa menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Walaupun demikian realitas tidak semanis ekspektasi; penulis katakan demikian karena nyatanya hobi ini juga memiliki kesulitan tersendiri dan pasti akan dialami calon penulis pemula yaitu sulitnya mencari inspirasi atau ide dan merangkai kalimat-kalimat yang akan dituangkan ke dalam sebuah tulisan

    Menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi segelintir orang yang hobinya adalah menulis bahkan bisa menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Walaupun demikian realitas tidak semanis ekspektasi; penulis katakan demikian karena nyatanya hobi ini juga memiliki kesulitan tersendiri dan pasti akan dialami calon penulis pemula yaitu sulitnya mencari inspirasi atau ide dan merangkai kalimat-kalimat yang akan dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Namun tidak perlu khawatir sebab itu merupakan hal yang wajar, para penulis yang sudah mahirpun dulunya juga pernah merasakan fenomena serupa diawal-awal mereka mulai menulis. Termasuk diantaranya adalah admin sendiri, dulu ketika masih pertama kali main blog admin seringkali bingung ingin memilih ide apa yang akan dikontenkan, setelah sekian lama akhirnya admin menemukan cara versi pribadi agar bisa menemukan ide yaitu dengan cara istirahat sejenak sembari jalan-jalan dahulu.

    Jadi tidak perlu pusing-pusing berpikir keras di depan monitor hanya untuk menemukan ide konten, ambil waktu sejenak keluar-keluar dulu untuk merehatkan pikiran. Sobat blogger bisa coba jalan-jalan dan amati apa yang ada di sekitar sambil mobilan, motoran atau jalan kaki agar ada ide segar bisa masuk kedalam otak karena berdasarkan pengalaman pribadi; biasanya ide akan muncul begitu saja secara mendadak saat kita mengamati lingkungan sekitar. Lantas setelah ide ditemukan jangan ditunda-tunda jangan diulur-ulur; langsung catat semua ide-ide tersebut kedalam lembar kerja blog agar tidak hilang dari ingatan melalui handphone atau tablet lalu simpan dalam bentuk draf.

    Setelah ide-ide sudah terkumpul cukup banyak tinggal kalian tentukan judul artikelnya kemudian susun isi artikel dengan rangkaian kalimat-kalimat yang padu hingga membentuk beberapa paragraf menggunakan kata-kata yang enak dibaca, mudah dipahami dengan bahasa sendiri; bukan hasil copy-paste dari artikel orang lain, selain itu jangan sampai lupa untuk memilah dan memilih kata kunci (Keyword) yang berpotensi meningkatkan presentase SEO (Search Engine Optimization) agar artikel bisa masuk SERP (Search Engine Result Page) sehingga bisa dibaca oleh banyak pengguna internet; syukur-syukur bila artikel sampai muncul di halaman pertama nomor 1 SERP walaupun presentase kemungkinan berhasilnya hanya sepersekian persen saja.

    Tips ini akan semakin mudah lagi jika blog kalian tipe 'Gado-gado' atau dalam dunia blogging kita istilahkan sebagai website yang isi artikelnya bebas, inilah satu-satunya keunggulan dari blog gado-gado yakni topik pembahasan artikelnya yang tidak harus spesifik menjurus pada satu bidang saja, sah-sah saja kita mencampurbaurkan berbagai macam niche yang berbeda-beda ibarat kuliner gado-gado yang kita hidangkan (selaku penulis) pada pelanggan (pembaca) dengan mengkombinasikan beberapa bahan makanan yang berbeda pula.

    Disamping itu tidak ada salahnya juga trik ini dipraktekkan untuk kalian yang menulis di buku fisik, caranya tidak jauh berbeda denagn yang tadi; cari ide pokoknya dengan cara jalan-jalan sambil membawa buku kecil atau kertas, ketika ada 'sesuatu' terlintas di benak kalian langsung tulis apa yang masih diingat ke buku kecil atau kertas yang dibawa. Setelah pokok inti pembahasan sudah terkumpul gabungkan semuanya menjadi susunan kalimat dan paragraf yang runtut.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Bingung Mau Nulis Apa? Biar Tidak Kehilangan Ide Coba Tips Ini!"

  1. niche blog gado-gado paling mudah buat di bikin artikel, kejadian sehari-hari bisa di jadikan posting :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul, gak ada kisah kehabisan ide pokonya,, ehehehe

      Delete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)