Caranya Menambah Properti Situs Baru di Google Analytics 2024

    Google Analytics merupakan salah satu tools yang sangat penting dan berpengaruh sekali untuk perkembangan sebuah situs, tanpa mengandalkan tools ini seorang pengembang web (Web developper) akan merasa kesulitan untuk membesarkan situsnya. Pada postingan sebelum-sebelumnya sempat penulis membicarakan tentang Pasang ID Pelacakan Google Analytics di Blogger 2023, tidak jauh dari pembahasan tersebut; pada uraian kali ini penulis akan memandu sobat blogger yang masih belum mengerti bagaimana caranya menambah properti situs baru di Google Analytics.

1. Pertama-tama buka halaman utama Google Analytics menggunakan akun masing-masing, setelah itu klik menu 'Admin' yang ada di sudut kiri jendela. Untuk membuat properti baru arahkan kursor ke menu 'Buat' lalu klik lagi pada opsi 'Properti'.


2. Maka tampilan akan berubah seperti gambar dibawah. Ada 4 prosedur yang harus kalian lalui, prosedur pertama silakan masukkan nama properti; dalam hal ini berarti nama blog kalian kemudian tentukan zona waktu sesuai dengan lokasi kalian berada.

2. Maka tampilan akan berubah seperti gambar dibawah. Ada 4 prosedur yang harus kalian lalui, prosedur pertama silakan masukkan nama properti; dalam hal ini berarti nama blog kalian kemudian tentukan zona waktu sesuai dengan lokasi kalian berada.

3. Prosedur kedua silakan kategori industri dan ukuran bisnis, yang dimaksud 'Bisnis' disini adalah blog yang akan didaftarkan ke Google Analytics, untuk 'Ukuran bisnis' silakan tentukan sesuai dengan jumlah penulis / admin yang mengelola blog temen-temen.


4. Prosedur berikutnya adalah tujuan bisnis, maksudnya disini adalah kalian diberikan beberapa opsi yangmana kiranya dengan blog ini akan kalian gunakan untuk apa. Pada prosedur ini temen-temen bebas pilih sesuka hati.


5. Yang terakhir adalah pengumpulan data. ada 3 pilihan yang tersedia disana; Web, Aplikasi Android dan Aplikasi Apple. Karena disini kita akan mendaftarkan blog yang berbasis situs / web maka yang dipilih adalah 'Web'.



6. Langkah selanjutnya silakan cantumkan alamat URL beserta nama blog kalian masing-masing pada kolom yang telah disediakan. Setelah semuanya selesai klik 'Buat aliran data'.


7. Jika muncul peringatan kuning seperti gambar dibawah ini silakan arahkan kursor mouse ke menu 'Lihat petunjuk tag' lalu klik.


8. Maka kalian akan dialihkan ke tampilan yang berbeda dari sebelumnya, disana ada 2 pilihan; 'Instal dengan pembuat situs atau CMS' dan 'Instal secara manual'. Silakan arahkan kursor ke pilihan kedua 'Instal secara manual' dan klik. Lantas kalian akan melihat kode script yang harus disisipkan, silakan salin kode script yang tercantum disana.


9. Buka dashboard blogger, masuk ke menu 'Tema' kemudian klik menu 'Edit HTML'.


10. Tempelkan kode script yang telah disalin sebelumnya tepat dibawah kode <Head>. Setelah itu jangan lupa disimpan.


11. Terakhir silakan kembali ke halaman Google Analytics sebelumnya kemudian klik 'Uji' untuk memastikan apakah kode script telah disisipkan dengan benar yang ditandai dengan munculnya tanda centang setelah tombol 'Uji' diklik.

 

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Caranya Menambah Properti Situs Baru di Google Analytics 2024"