Open House Selepas Pulang Haji dan Umroh? Apa dan Bagaimana Itu?

    Alhamdulillah beberapa waktu lalu Allah telah berbaik hati kepada penulis salah satunya dengan memberikan kesempatan penulis untuk bisa menunaikan ibadah Umroh di Tanah Haram Mekkah, merupakan sebuah karunia besar yang tidak terhingga bagi penulis sebagai seorang Mukmin yang ingin sekali menggapai kedudukan serta derajat tinggi di sisi tuhannya dapat mengunjungi Baitullah serta berziarah langsung ke makam Nabi besar Muhammad SAW.


    S
etelah berpulang dari melaksanakan Umroh / Haji ke tanah air penulis agak sedikit terkejut dengan pesan dari tetangga yang bertanya 'Apakah njenengan Open House mas?'. Membaca pesan tersebut; seketika saya kebingungan dengan konsep 'Open House' ini, bukan tanpa alasan; sebab dari Travelnya sendiri sebelumnya memang tidak ada panduan dan tidak disinggung sama sekali tentang konsep ini. Akhirnya penulis tanyakanlah pada ibu sekaligus searching di Google perihal konsep ini, pendek kata; setelah menelusuri dan mencari ternyata 'Open House' ini sudah merupakan adat dan pasti akan dialami oleh setiap orang yang telah melaksanakan Haji atau Umroh.

    Intinya 'Open House' merupakan adat orang Indonesia (atau bahkan juga di luar negeri) yangmana saudara, kerabat, tetangga dan sanak keluarga akan melakukan kunjungan silaturahim ke kediaman si jamaah Umroh setidaknya selama 40 hari dengan mengharap keberkahan do'a dari si jamaah Umroh yang tersangkut, dengan kata lain kita; selaku jamaah Umroh akan menyambut kedatangan para tamu di rumah masing-masing, bagi-bagi oleh-oleh, menyuguhi makanan, bercerita tentang kabar kondisi terbaru di Mekkah dan Madinah; sebagaimana bertamu biasanya dan terakhir yaitu Doa. Mungkin dari temen-temen ada yang mengalami hal yang sama dan bingung do'a apa yang harus dibaca ketika tamu minta doa boleh kalian coba doa dibawah ini. Doa ini saya temukan dan penulis kutip dari situs NGABAR (Ngaji Bareng), walaupun sejatinya ada banyak versi doa yang berbeda-beda namun dari penulis sendiri merasa cocok dengan bacaan panjatan do'a ini.

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده ياربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك وعظيم سلطانك, اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد صلاةً تبلغنا بها حَجَّ / عمرةَ بيتك الحرام وزيارة قبر نبيك محمد صلى الله عليه وسلم في العصر المستقبل.

اللهم اجعلْ حجنا حجا مبرورا, وعمرتنا عمرة مبرورة, وسعينا سعيا مشكورا, وذنبنا ذنبا مغفورا, وعملنا عملا صالحا مقبولا, وتجارتنا تجارة لن تبور, يا عالم ما في الصدور أخرجْنا من الظلمات إلى النور يا رحمن ريا رحيم يا مالك يا قدوس.
اللهم سهل أمورنا وحصل مقاصدنا وبلغنا إليك يا الله, اللهم اجمعنا جمعا مرحوما, ونسألك النعمة والرحمة, والصحة, والعافية, والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة, وحسن الخاتمة.

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار وأدخلنا الجنة مع الأبرار يا عزيز يا غفار يارب العالمين سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين.

    Jika ada yang bertanya apakah Open House seusai melaksanakan Haji dan Umroh adalah kewajiban yang harus dilaksanakan? Jawabannya adalah tidak harus namun sangat dianjurkan, kalaupun temen-temen terlalu lelah menyambut banyak tamu, Jet lag, sakit atau semacamnya setidaknya kalian masih mau membuka pintu rumah menyambut saudara, kerabat dan sanak keluarga saja; tidak harus pada seluruh warga RT setempat.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Open House Selepas Pulang Haji dan Umroh? Apa dan Bagaimana Itu?"

  1. Alhamdullilah dapat panggilan umroh ya masnya...semoga selalu dalam ke berkahanNya....saya kebetulan gak ngadain open house mas pas balik dari umroh Agustus yg lalu...tapi makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, sebetulnya saya pengennya close house tapi koq kayak kurang etis aja gitu kaloq di masyarakat. Akhirnya saya tetep open house tapi cuma sebatas tamu keluarga saja....

      Delete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)