Buku Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal Karya Prof. Dr. Faruk

    Adakah dari kalian mahasiswa jurusan Sastra yang sudah memasuki semester-semester akhir? Jika ada maka kalian harus tahu buku yang mimin ulas pada artikel kali ini, buku ini diciptakan oleh seorang intelektual, akademisi yang tajam, kritis serta penuh totalitas dalam bidang ilmu-ilmu budaya dan humaniora detail sekilas tentang buku ini sebagaimana berikut;

Judul Buku : Metode Penelitian Sastra : Sebuah Penjelajahan Awal
Penulis : Prof. Dr. Faruk
ISBN : 9786022291022
Penerbit : Pustaka Belajar
Jumlah Hal : 278 halaman
Tahun Terbit Awal : 2012

udul Buku : Metode Penelitian Sastra : Sebuah Penjelajahan Awal Penulis : Prof. Dr. Faruk ISBN : 9786022291022 Penerbit : Pustaka Belajar Jumlah Hal : 278 halaman Tahun Terbit : 2012

    Baru beberapa hari yang lalu (sebelum postingan ini dipublikasikan) buku ini penulis beli secara online melalui Marketplace Shopee karena saat itu ada arahan dari seorang dosen yang menghimbau para mahasiswa-mahasiswinya; termasuk mimin sendiri agar memiliki 2 buku rujukan utama yang isinya fokus membahas metode penelitian bahasa dan sastra yang akan dipakai untuk penyusunan tugas akhir, 1 buku berjudul Metode Penelitian Sastra : Sebuah Penjelajahan Awal karya Prof. Dr. Faruk dan 1 lagi berjudul Teori Penelitian Sastra yang ditulis oleh Jabrohim.

    Buku ini sangat diperlukan sekali untuk kalian para mahasiswa Sastra yang tengah mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra atau lebih baik lagi jika sudah kalian miliki dan pelajari sejak awal-awal semester, didalamnya memuat panduan serta teori-teori penelitian kesusastraan suatu bahasa. Selain itu untuk harganya sendiri terbilang cukup murah dan ramah di kantong khususnya untuk kalangan-kalangan mahasiswa ekonomi menengah ke bawah.

    Sedikit penulis kupas sekilas terkait isinya; buku ini terdiri dari 8 bab pembahasan sebagaimana berikut;
  • Bab 1 : Pendahuluan
  • Bab 2 : Evaluasi Metodologis Rancangan Penelitian Sastra Mahasiswa
  • Bab 3 : Beberapa Paradigma dalam Ilmu Sastra
  • Bab 4 : Kondisi Keberadaan Karya Sastra
  • Bab 5 : Kodrat Keberadaan Karya Sastra
  • Bab 6 : Sastra Indonesia Sebagai Sastra Tanpa Paradigma?
  • Bab 7 : Strukturalisme-Dinamik, Semiotik dan Strukturalisme-Genetik
  • Bab 8 : Strukturalisme dan Pascastrukturalisme
    Terakhir penulis ingin berikan komentar sejujur-jujurnya terkait buku ini. Telah menjadi hal yang lumrah bahwa bidang kesusastraan memiliki tantangan tersendiri yaitu sulitnya memahami dan mencerna makna yang ada dibalik kata dan kalimat-kalimatnya. Karena buku yang kita review disini berbasis sastra maka jangan terlalu kaget jika bahasa yang digunakan cukup rumit dan berbelit-belit; apalagi untuk beberapa orang yang memang tidak terlalu cakap dalam bidang sastra sepertihalnya penulis sendiri. Untuk bisa menangkap makna yang terkandung dalam karya sastra maka solusinya tidak ada lagi kecuali dengan banyak-banyak membaca buku-buku berbasis sastra, dengan memperkaya bacaan maka lambat laun kepekaan kita akan semakin terasah.

    Barangkali buku ini dirasa bermanfaat dan menjadi incaran temen-temen sekalian jangan buang-buang waktu lagi buruan masukkan barangnya ke keranjang lalu langsung Checkout di Marketplace Shopee melalui tautan https://shope.ee/2Aqkv9tCm3 sebelum kehabisan stok.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Buku Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal Karya Prof. Dr. Faruk"