Suka Traveling Motoran Jauh-Jauh? Perhatikan Betul-Betul Perawatan Dasar Ini!

    Jalan-jalan atau lebih akrab di telinga dengan istilah Traveling telah menjadi hobi bagi banyak orang dari berbagai kalangan; khususnya mereka yang masih muda-mudi. Berbagai faktor bisa memicu seseorang untuk jalan-jalan; ada yang tujuannya ingin menambah wawasan atau hanya sekedar melepas rasa jenuh dan suntuk dari diri si Traveler yang tersangkut setelah melakukan aktivitas-aktivitas yang menguras mental, tenaga dan pikiran. Bicara tentang destinasi tujuan; sejatinya tidak ada patokan khususnya dengan kata lain bebas mau kemana saja kapan saja asalkan jiwa dan pikiran Refresh (Segar kembali).

Odometer / Odograf Motor
Odometer / Odograf Motor

    Kendaraan yang digunakanpun beraneka ragam; ada yang memakai kendaraan pribadi ada pula yang memakai jasa kendaraan umum, salah satu kendaraan yang kita sorot kali ini adalah sepeda motor. Perlu sobat traveler ingat bahwa segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki batasan yang tidak bisa dipaksakan; termasuk adalah mesin-mesinan. Sepeda motor yang kita kendarai mampu berjalan karena disusun dari beberapa komponen mesin atau dalam dunia otomatif disebut Spare part (Suku cadang) yang saling berhubungan antar satu dengan yang lain, satu Spare part bermasalah maka akan menimbulkan masalah juga ke Spare part yang lain.

    Kita selaku pengendara sepeda motor yang baik juga harus menaruh perhatian terhadap 'kesehatan' motor kesayangan kita; tidak hanya terbatas pada sesama makhluk hidup saja. Caranya bagaimana? Yaitu dengan rutin-rutin memeriksa kelayakan Spare part motor dengan rutin. Lebih lanjut fakta mengatakan bahwa bisa dikatakan masih banyak pengguna motor yang terkesan kurang memperhatikan 'kesehatan' motornya, di dalam pikiran mereka sepeda motor hanya sebatas perlu diisi bensin saja jika memang sudah habis setelah melakukan perjalanan jauh tanpa perlu melihat aspek-aspek lainnya, padahal tidak sekedar demikian; Spare part harus rajin dicek secara berkala agar motor tetap bisa dikendarai secara optimal serta maksimal. Maka dari itu terdapat beberapa perawatan dasar motor yang mesti diingat-ingat dan berikut ini telah mimin uraikan deretan basic perawatan motor secara garis besar yaitu;
  • Ganti oli setiap 2.000km jarak tempuh perjalanan
  • Ganti oli gardan setiap 4.000 - 8.000km jarak tempuh perjalanan
  • Service CVT setiap 6.000 - 8.000km jarak tempuh perjalanan
  • Ganti Roller setiap 25.000 - 27.000 km jarak tempuh perjalanan
  • Ganti Van belt setiap 24.000 - 30.000km jarak tempuh perjalan
  • Ganti filter udara setiap 12.000 - 16.000km jarak tempuh perjalan
  • Ganti busi setiap 7.500km jarak tempuh perjalanan
  • Ganti sensor TPS setiap 50.000km jarak tempuh perjalanan
  • Bersihkan Injektor setiap 10.000km sekali
  • Ganti kampas rem setiap 16.000 - 32.000km jarak tempuh perjalan
  • Isi angin 2 bulan sekali atau bisa lebih cepat jika ban sudah terasa kempes
    Namun perlu disampaikan juga bahwa perawatan-perawatan diatas sifatnya relatif tergantung model, usia motor dan kualitas Spare part yang dipakai. Jika kondisi motor sobat Traveler masih baru cukup kalian ikuti saja panduan umumnya diatas, tapi apabila motor dibeli dalam keadaan bekas dan terlihat telah berumur tua maka secara berkala Spare part harus lebih sering rutin dicek di bengkel agar kedepannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tengah-tengah perjalanan.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Suka Traveling Motoran Jauh-Jauh? Perhatikan Betul-Betul Perawatan Dasar Ini!"