Cari Contoh Teks Khutbah Jum'at? Cek Di Situs Web Ini!

    Islam merupakan agama dengan pemeluk terbanyak nomor 2 di dunia setelah Kristen dengan perkiraan 1,8 miliar penganut disusul dengan agama Hindu. Dibawa dan disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk umat-umatnya yang disebut sebagai Muslim; penganut agama ini banyak tersebar di negara-negara Islam dan segelintir kadang juga bisa ditemukan di negara-negara minioritas Islam. Bicara tentang pemeluk Islam terbanyak di dunia; Indonesia adalah juaranya jika dibandingkan dengan negara-negara sumber asalnya di Timur Tengah sana.

    Salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam yang sering terdengar di telinga kita; baik yang saudara sesama Muslim maupun yang Non-Muslim adalah Sholat Jum'at atau lebih akrab disebut dengan istilah Jum'atan yang dilaksanakan di Masjid. Ibadah ini merupakan salah satu perintah dari agama Islam yang sangat wajib diikuti oleh orang laki-laki yang telah memenuhi syarat wajib Sholat Jum'at dan dianjurkan (tidak wajib) bagi kalangan wanita. Dalam pelaksanaan Sholat Jum'at tersebut terdapat beberapa rangkaian prosesi ritual, diantaranya yang membedakannya dengan ibadah yang lain adalah pidato yang dilakukan oleh si Khotib (Orang yang berpidato) atau biasanya mereka menyebutnya dengan sebutan 'Khutbah'.

    Biasanya Khotib diambil dari tokoh pemuka agama setempat atau orang-orang pilihan yang memang memiliki latar belakang pendidikan agama dan dianggap mampu; baik alumni Pondok Pesantren, Madrasah dan lembaga pendidikan keagamaan semacamnya. Orang-orang tersebut dipercaya masyarakat sekitar karena mereka dinilai telah sanggup untuk berkhutbah. Kendati demikian tidak jarang juga beberapa orang yang dipercaya untuk menjadi Khotib namun ternyata yang bersangkutan belum siap memikul tanggung jawab tersebut; bisa jadi karena rasa gugup yang menyerang, belum hafal bacaan-bacaan Arabnya atau belum tahu teks khutbah yang nanti akan dibaca saat di atas mimbar.

    Manakala ada dari kalian yang bingung cari contoh teks khutbah, tidak perlu resah karena disini penulis ingin memperkenalkan sebuah situs web keagamaan namanya Ngabar bentuk akronim dari Ngaji Bareng. Situs web ini adalah blog kedua yang mimin kelola selain blog MH, tapi di dalamnya hanya berisi hal-hal yang berhubungan dengan keagamaan; mulai dari terjemahan kitab kuning, bacaan-bacaan do'a, sejarah pondok pesantren dan termasuk diantaranya adalah contoh-contoh teks khutbah Jum'at sudah mimin sediakan disana; tepatnya di tab 'Daftar Isi'.

Ngaji Bareng

    Dengan adanya Website Ngabar ini penulis berharap semoga bisa membantu sobat blogger yang ingin menggali wawasan lebih dalam seputar agama Islam sekaligus sebagai ladang untuk Nasyrul Ilmi atau menyebarkan ilmu mengingat Islam merupakan agama yang sangat menjunjung tinggi kedudukan ilmu pengetahuan.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Cari Contoh Teks Khutbah Jum'at? Cek Di Situs Web Ini!"