Mahasiswa UIN KHAS Jember Wajib Punya 2 Buku Pedoman Ini!

    Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq atau lebih akrab disebut UIN KHAS merupakan salah satu Perguruan Tinggi berbasis keislaman di Jember yang menjadi impian banyak orang; baik yang asli dari Jember bahkan tidak sedikit juga yang berasal dari luar Jember mendaftarkan diri kesini. Melihat transformasinya yang sudah beralih dari IAIN menjadi UIN mengindikasikan bahwa Perguruan Tinggi ini telah diakui sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan kompeten.

    Pada kesempatan kali ini (artikel ini dipublikasikan) mimin selaku calon sekaligus mantan mahasiswa UIN KHAS ingin bagi-bagi wawasan seputar pengalaman pribadi mimin semasa masih berkuliah untuk MABA (Mahasiswa Baru) yang ada rencana ingin daftar atau mungkin juga ada yang sudah daftar. Seperti yang telah kita ketahui bersama setiap lembaga pendidikan; mulai dari SD, SMP, SMA hingga Universitas pasti memiliki ketentuan serta aturan yang wajib dipatuhi, ditaati dan diikuti oleh seluruh peserta didik yang ada disana. Samahalnya juga di UIN KHAS yang juga mempunyai peraturan terkait akademik, penulisan karya ilmiah dan masih banyak lagi yang telah dituangkan ke dalam 2 buku yang penulis review disini; Buku Pedoman Penelitian Karya Ilmiah dan Buku Pedoman Pendidikan UIN KHAS.

Tampilan Buku Terbitan tahun 2020
Tampilan Buku Terbitan tahun 2020

    Pertama yaitu buku Pedoman Pendidikan. Melihat dari judulnya; kita sudah bisa menebak bahwa di dalamnya termuat informasi-informasi yang tersusun dari beberapa bab dan pasal seputar apa-apa saja yang ada dan terjadi di lingkungan kampus mulai dari sejarah, ketentuan umum, program pendidikan, pendidikan, kurikulum, sistem administrasi akademik dan masih banyak lagi yang dibahas di dalamnya. Sekarang kita beralih ke yang berikutnya yaitu buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Berisi tentang panduan serta pedoman untuk para mahasiswa UIN KHAS terkait aturan penulisan karya ilmiah baik itu Makalah, Jurnal, Proposal ataupun Skripsi; mulai dari format, sistematika dan seterusnya.

    Mengingat begitu pentingnya kedua buku tersebut maka mimin himbau sobat UIN KHAS yang telah mulai masuk perkuliahan untuk segera memiliki 2 buku tersebut secepat mungkin setelah ada pemberitahuan dari akademik di semester-semester awal. Dapatkan bukunya dari kantor Akademik, pelajari isinya dan ikuti panduannya, jangan sampai kalian melakukan kekeliruan di lingkungan kampus hanya karena belum membaca isi dari buku pedoman tersebut.

    Terakhir perlu penulis informasikan juga bahwa buku pedoman yang direview disini adalah buku pedoman tahun ajaran 2021 sewaktu mimin masih duduk di bangku perkuliahan semester-semester muda, dan tentunya tampilan cover bukunya sedikit jauh akan berbeda untuk angkatan-angkatan berikutnya atau justru mungkin akan ada penambahan, pengurangan atau penyuntingan isi buku nantinya.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Mahasiswa UIN KHAS Jember Wajib Punya 2 Buku Pedoman Ini!"