Panduan Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Online

    Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasanya disingkat dengan NISN merupakan kode pengenal identitas siswa / siswi yang unik, standar dan berlaku sepanjang masa untuk membedakan satu siswa dengan siswa yang lainnya yang terdaftar di seluruh sekolah yang ada di Indonesia atau Sekolah Indonesia yang ada di luar negeri. Dengan adanya NISN informasi serta data jutaan peserta didik akan semakin mudah dicari dan dilacak karena telah tersimpan ke dalam data Kemendikbud.

    Umumnya NISN diperlukan untuk kebutuhan akademik sepertihalnya persyaratan masuk perguruan tinggi, pengajuan beasiswa dan urusan-urusan lainnya yang berkaitan dengan akademik pendidikan. Yang menarik adalah saat ini NISN sudah bisa dilacak dengan mudah, cepat secara online. Namun kendati demikian; barangkali karena keterbatasan pengetahuan tidak sedikit juga yang masih bingung cara pengoperasiannya yang berbasis online atau biasanya mereka-mereka yang kita sebut sebagai Gagap Teknologi (Gaptek). Pada postingan ini penulis ingin bantu memandu menemukan NISN secara online;

1. Untuk menemukan NISN secara online kita akan memakai sebuah situs web milik Kemendikbud yang telah disediakan untuk mengecek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

2. Setelah itu tampilan awal situs web akan tampak seperti gambar dibawah saat dibuka. Di sebelah kiri kalian akan melihat form pencarian data, silakan isikan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu dari siswa yang tersangkut dan jangan lupa centang kotak reCaptcha yang tersedia disana untuk verifikasi. Jika semuanya telah terisi langsung klik 'Cari Data' untuk menemukan NISN.

Setelah itu tampilan awal situs web akan tampak seperti gambar dibawah saat dibuka.

2. Tidak memakan waktu lama maka informasi siswa / siswi akan langsung terlihat di sebelah kanan; mulai dari NISN, Nama, Tempat lahir, Tanggal lahir, Jenis kelamin serta Status aktif siswa / siswi yang tersangkut.



    Dengan adanya tutorial singkat ini semoga tidak ada lagi namanya kebingungan menemukan NISN mengingat NISN kerapkali diperlukan sewaktu-waktu untuk urusan-urusan akademik peserta didik. Lebih lanjut lagi dengan panduan ini diharapkan setiap peserta didik bisa melanjutkan jenjang pendidikannya dengan lancar dan tepat waktu sesuai dengan usianya; mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. 

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

1 comment for "Panduan Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Online"

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)