Cerita Perjuangan Mas Hilman Membangun Blog

Artikel kali ini dibuat untuk berbagi cerita tentang sejarah mimin awal kali membangun blog mashilman.com hingga bisa menjadi blog besar seperti yang sobat blogger lihat saat ini. Berawal dari komentar yang muncul di artikel Persiapan Sebelum Membangun Blog atas nama Mirzan, di sana ia mengatakan;
    Artikel kali ini dibuat untuk berbagi cerita tentang sejarah mimin awal kali membangun blog mashilman.com hingga bisa menjadi blog besar seperti yang sobat blogger lihat saat ini. Berawal dari komentar yang muncul di artikel Persiapan Sebelum Membangun Blog atas nama Mirzan, di sana ia mengatakan;
Pengen banget bikin blog kek gini, jadi penasaran perjuangannya mas hilman merintis blog ini.....
    Membaca komentar dari kak Mirzan tersebut mimin merasa tergerak hatinya untuk menulis artikel seputar sejarah perjuangan mimin pertama kali ngeblog. Barangkali kak Mirzan ingin cari inspirasi dan motivasi agar semakin semangat main blog.

2020

    Inspirasi mimin bermain blog dulu berawal dari seorang Blogger sepuh bernama Timon Adiyoso atau akrabnya dipanggil Mas timon, secara kebetulan konten Youtube mas Timon lewat di beranda Youtube mimin, di konten tersebut ia membahas seputar caranya menghasilkan uang hanya dengan menulis di blogger. Mengetahui hal tersebut akhirnya mimin mulai belajar perlahan-lahan caranya membuat blog dari video-video mas Timon tersebut. Sejak saat itulah sejarah perjalanan mimin membangun blog dimulai.


    Dulu pertama kali mimin main blog berawal dari tahun 2020 namun bukan di blog MH ini melainkan di blog lain namanya Mas Ubaid (hilmanubaid.blogspot.com). Blog tersebut rencananya diisi dengan artikel-artikel campuran alias blog gado-gado tidak berbeda jauh dengan blog MH ini, hingga saat ini blog Mas Ubaid masih bisa diakses namun sudah tidak update artikel lagi. Blog tidak mimin hapus karena sudah keapprove Adsense dan masih bertraffik kecil-kecilan.

Januari 2021

    Kemudian di tahun 2021 tepatnya di bulan Januari mimin buat blog baru lagi namanya NGABAR (ngabareng.blogspot.com) bentuk akronim dari 'Ngaji Bareng'. Dari nama blog tersebut kita bisa langsung paham sekilas di dalamnya membahas seputar agama dan kitab-kitab kuning, di blog ini mimin khususkan hanya untuk Nasyrul Ilmi (نشر العلم الديني) atau berbagi pengetahuan seputar agama Islam yang sempat mimin pelajari di pesantren dulu agar tidak hilang dari ingatan.

    Saat itu blog NGABAR sempat beralih ke domain TLD menjadi ngabareng.com, namun karena beberapa pertimbangan; akhirnya domain TLD tidak dilanjutkan dan pada akhirnya kembali lagi menjadi domain gratisan. Sampai saat ini blog NGABAR masih bisa diakses, sewaktu-waktu saja jika ada waktu senggang mimin update artikel keagamaan di blog NGABAR.

23 April 2021

    Tepat di tanggal 23 April 2021 akhirnya cikal bakal blog mashilman.com alias blog MH mulai terbentuk, saat itu domainnya masih gratisan jadi alamat URL-nya masih mashilman.blogspot.com. Saat itu sebenarnya mimin sempat terpikir untuk langsung beli domain TLD, namun setelah melalui pertimbangan panjang akhirnya 2 tahun setelahnya; tepatnya di tahun 2023 akhirnya mimin mantapkan keputusan untuk mengalihkan blog MH ke domain TLD menjadi mashilman.com menggunakan layanan domain dari Rumahweb.


    Tidak berselang lama setelahnya; mimin juga membuat blog MH versi bahasa Arab dan bahasa Inggris untuk melatih kemampuan berbahasa asing. Untuk yang versi berbahasa Arab ada di alamat URL akhhilman.blogspot.com sedangkan yang bahasa Inggris bisa sobat blogger akses melalui brohilman.blogspot.com. Selain untuk mengasah kemampuan berbahasa asing; kedua blog tersebut mimin buat untuk menjangkau trafik kunjungan pembaca dari luar negeri.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Cerita Perjuangan Mas Hilman Membangun Blog"

  1. Mudah-mudahan blognya bisa terus bertahan ya mas....saya Juli tahun ini baru 1thn pakai domain TLD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, semoga diberikan konsistensi ngelola blog ini. Kakaknya juga semoga tetap bisa menghidupkan blognya :D

      Delete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)