Jangkau Lebih Banyak Calon Pelanggan dengan Iklan Whatsapp

    Sebagaimana yang telah kita ketahui Whatsapp atau lebih akrabnya disingkat WA merupakan aplikasi perpesanan instan yang sangat populer dan terbanyak digunakan di dunia; termasuknya juga paling banyak diinstal oleh pengguna internet dari Indonesia. Diunduh lebih dari 2 M pengunduh, Whatsapp terus konsisten menghadirkan fitur-fitur terbaru yang menarik perhatian para netizen dari waktu ke waktu. Dan seperti yang kita ketahui bersama juga, Whatsapp menawarkan 2 versi aplikasi; ada yang versi biasa / personal dan ada juga yang versi bisnis, secara garis besar masing-masing dari kedua versi tersebut hampir sama hanya saja jika bicara tentang kelengkapan fitur Whatsapp Business tentunya lebih menjuarai daripada versi yang biasa.

    Melihat dari kelengkapan fiturnya; Whatsapp bisnis sangat disarankan untuk diinstal bagi temen-temen yang tengah merintis bisnis atau membangun Personal Branding, ada banyak fitur yang disediakan; mulai dari katalog, pesanan, pesan otomatis, balas cepat dan beriklan. Pada tulisan ini mimin akan kenalkan caranya mengiklankan produk / layanan melalui aplikasi Whatsapp bisnis, simak panduan-panduannya di bawah ini;

1. Sebelum memutuskan membuat iklan di Whatsapp, pastikan versi yang terpasang adalah Whatsapp Business; bukan Whatsapp biasa mengingat fitur iklan ini hanya tersedia di versi bisnis.

2. Jika Whatsapp bisnis telah terpasang di HP, selanjutnya silakan buka aplikasinya. Pada tampilan terbaru silakan temen-temen menuju menu 'Fitur' yang terletak di bagian sudut kanan bawah layar, lantas di sana kalian akan melihat banyak pilihan menu yang tersedia; mulai dari profil, Katalog, Pesanan dan lainnya. Untuk memasang iklan silakan sobat blogger ketuk 'Beriklan'.


3. Lantas kita akan dihadapkan dengan kilas informasi seputar pemasangan iklan serta pratinjau tampilan iklan yang akan dipasang. Langkah berikutnya ketuk 'Mulai'.


4. Kemudian kita akan melalui beberapa langkah; pertama kita diminta memilih produk / layanan mana yang akan ditayangkan iklannya, silakan temen-temen pilih sesuka hati dengan cara menchecklist pilihan yang tersedia lalu ketuk 'Lanjut'. Sebagai contoh di sini mimin akan coba mengiklankan jasa buat blog SEO.



5. Langkah kedua kita akan diminta untuk menentukan anggaran, durasi penayangan iklan serta target pemirsa penayangan iklan berdasarkan lokasi dan usia. Di sana juga tercantum estimasi jangkauan jumlah akun yang ditargetkan. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya silakan ketuk 'Lanjut'.


6. Tahap ketiga adalah peninjauan iklan. Di tahap ini iklan sudah hampir siap ditayangkan, kalian akan diminta menentukan metode pembayaran yang akan digunakan serta transfer dana anggaran sejumlah nominal pembayaran yang telah tercantum di sana, setelah metode pembayaran dipilih lanjutkan dengan ketuk 'Buat iklan'.


7. Untuk pilihan metode pembayaran ada beberapa opsi, temen-temen bisa gunakan kartu debit / kredit, transfer bank BCA, OVO, Gopay, Transfer BNI, Transfer Mandiri, Transfer CIMB, Transfer Danamon serta Transfer bank-bank lainnya. Sebagai contoh di sini mimin memilih pembayaran via bank BCA, setelah metode pembayaran dipilih, segera lakukan pembayaran secepat mungkin sebelum kode pembayaran kadaluwarsa.


8. Jika pembayaran berhasil dilakukan, maka kalian akan mendapatkan pemberitahuan dari Email yang mengkonfirmasi bahwa iklan telah disetujui dan sudah ditayangkan di platform Meta (Facebook dan Instagram). Iklan akan tetap tayang hingga waktu yang telah ditentukan sesuai dengan pengaturan anggaran dan durasi sebelumnya yang telah diatur sebelumnya.


Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Jangkau Lebih Banyak Calon Pelanggan dengan Iklan Whatsapp"