Cara Mudah Cek SSL/TLS Demi Keamanan Sebuah Situs Web Blog

    Ada banyak sekali aspek yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah website yang baik, salah satu diantaranya ialah SSL. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1995 oleh Netscape; SSL atau bentuk singkatan dari Secure Sockets Layer adalah protokol keamanan internet berbasis enkripsi yang fungsinya adalah sebagai protektor koneksi internet. SSL memungkinkan data sulit dimanipulasi oleh peretas, sehingga dengan demikian keamanan komunikasi semakin terjamin perlindungannya. Dan saat ini SSL sudah ditingkatkan menjadi lebih baik lagi menjadi TLS (Transport Layer Security), dengan kata lain TLS adalah penerus dari SSL. Sebuah situs web bisa dilihat SSL/TLS-nya jika alamat awal URL-nya tercantum 'HTTPS', jika masih 'HTTP' maka artinya situs web yang terkait belum menerapkan SSL/TLS.

    Oleh sebab itu SSL/TLS merupakan 'unsur' yang harus ada pada situs web, dengan adanya SSL beberapa manfaat yang akan diperoleh adalah perlindungan informasi serta data pribadi, memperkuat kepercayaan pengguna internet dan juga meningkatkan SEO sehingga lebih diprioritaskan agar ditampilkan di halaman pertama mesin penelusuran. Berikut ini adalah 3 langkah mudah cek SSL situs web;

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses situs sslshopper (https://www) (https://www.sslshopper.com/) melalui web browser. Maka, tampilan awalnya akan tampak seperti gambar di bawah ini;

SSLshopper

2. Setelah itu silakan temen-temen scroll terus ke bawah hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah, lalu masukkan link URL blog kalian pada kolom yang tersedia di sana kemudian klik 'Check SSL'.


4. Lantas blog akan langsung di periksa, setelah pemeriksaan maka akan muncul deretan centang hijau seperti tampilan cuplikan gambar di bawah yang artinya blog temen-temen sudah terpasang SSL.


Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Cara Mudah Cek SSL/TLS Demi Keamanan Sebuah Situs Web Blog"