Kenalan Sekilas dengan Desa Kendit Situbondo

Kantor Balai Desa Kendit Situbondo
Kantor Balai Desa Kendit Situbondo

    Kendit merupakan sebuah desa yang masih masuk bagian kabupaten Situbondo, bagi sebagian besar masyarakat luar Situbondo desa ini mungkin masih terdengar asing mengingat lokasinya yang jarang terjamah orang luar serta lumayan masuk ke dalam daerah pelosok. Di desa inilah tempat penulis melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) semasa mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan semester akhir kala itu, berbagai macam kegiatan menyenangkan penulis lalui bersama-sama dengan teman-teman posko saat itu dan tentunya dibantu juga masyarakat Kendit di sana. Pada tulisan kali ini mimin ingin kenalkan sekilas seputar desa kendit sekaligus juga bernostalgia masa-masa KKN penulis saat itu.

        Melansir dari website resmi desa Kendit (desakendit.my.id); Desa Kendit terletak di Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Membentang kurang lebih sejauh 720 Hektar; desa ini berada di daerah yang berkontur tanah datar dengan wilayahnya yang sebagian besar difungsikan sebagai lahan pertanian, peternakan serta pemukiman. Kondisi geografis, iklim, cuaca dan tanah yang subur di desa Kendit sangat mendukung utamanya di bidang usaha pertanian dan peternakan. Desa Kendit sendiri terdiri dari 8 dusun sebagai berikut;
  1. Karang Anyar Timur
  2. Karang Anyar Barat
  3. Blimbingan
  4. Krajan Utara
  5. Krajan Selatan
  6. Klompangan
  7. Kendit Barat
  8. Tamansari.
    Bicara seputar kepadatan penduduknya; jumlah penduduk di Desa Kendit di tahun 2024 tercatat ada sekitar 5.234 jiwa dengan komposisi beragam dari berbagai kelompok usia. Masyarakat di sana lebih dominan ke sektor pertanian sehingga untuk mempertahankan pereknomiannya mayoritas penduduk di sana bermata pencaharian utama sebagai petani padi, jagung, tebu, sayur-sayuran atau sebagai peternak sapi / kambing dan segelintir masyarakat juga ada yang berdagang. Tidak cukup sampai di situ saja, di sana juga terdapat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kerajinan tangan serta pengolahan makanan.


    Desa Kendit memiliki beberapa fasilitas umum seperti Balai desa, Puskesmas, Sekolah Dasar dan Masjid. Infrastruktur jalan yang menghubungkan desa ini dengan desa-desa tetangga sudah bisa terbilang cukup baik dan mobilitas penduduknya juga mudah mengingat status IDM (Indeks Desa Membangun) desa Kendit sudah termasuk kategori mandiri. Mayoritas masyarakat desa Kendit juga nampak masih memegang teguh adat dan tradisi lokal dengan berbagai upacara adat yang rutin dilaksanakan, seperti upacara panen dan perayaan hari besar keagamaan. Seni budaya seperti tarian tradisional dan musik gamelan juga masih dipertahankan dan sering dipersembahkan ketika ada acara-acara desa.

    Desa Kendit memiliki beberapa potensi wisata alam yang menarik, seperti area persawahan yang hijau, sungai kecil yang jernih. Selain itu, terdapat juga wisata budaya yang menampilkan kekayaan tradisi dan adat istiadat masyarakat setempat. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh masyarakat desa Kendit antara lain adalah masalah irigasi pertanian yang perlu diperbaiki dan keterbatasan akses terhadap teknologi modern. Pemerintah desa bersama masyarakat terus berupaya keras untuk mengembangkan desa melalui program-program pembangunan infrastruktur, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan pengembangan potensi ekonomi lokal.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Kenalan Sekilas dengan Desa Kendit Situbondo"